Jum'at, 26/04/2024 19:36 WIB

Trump Pastikan Kirim Atlet Olimpiade Musim Dingin ke Korsel

Amerika Serikat memastikan atlenya berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan, PyeongChang

Sarah Sanders (Foto: Evan Vucci/ AP)

Washington - Amerika Serikat memastikan atlenya berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan, PyeongChang. Hal itu disampaikan setelah seorang utusan menyebut Gedung Putih kali ini akan melewatkan acara tersebut.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa Nikki Haley mengatakan sehari sebelumnya bahwa ini adalah pertanyaan publik apakah atlet Amerika akan ambil bagian dalam pertandingan Februari, mengingat masalah keamanan dan ancaman nuklir dan rudal Korea Utara.

"Kami berharap bisa menjadi bagian dari Olimpiade di Republik Korea," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Heather Nauert dalam briefing berita reguler.

Pernyataannya disampaikan sesaat setelah sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders menyampaikannya melalui akun Twitter-nya

"Amerika Serikat berharap dapat berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan," tulisnya. "Perlindungan Amerika adalah prioritas utama kami. Kami bersama dengan Korea Selatan dan negara mitra lainnya untuk mengamankan tempat-tempat tersebut."

Nauert memuji Korea Selatan karena sejarah panjangnya berhasil menyelenggarakan banyak pertandingan besar," termasuk Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul.

"Kami yakin bahwa komitmen pemerintah untuk menyelenggarakan Pertandingan Musim Dingin yang aman dan sukses akan berlangsung. Kami mendukung usaha mereka dalam hal itu," tambahnya.

Ketegangan di Semenanjung Korea telah meningkat lebih lanjut dengan peluncuran rudal balistik antarbenua Korea Utara pekan lalu yang diklaim mampu menyerang seluruh daratan Amerika Serikat

KEYWORD :

Korea Selatan Korea Utara Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :