Sabtu, 27/04/2024 02:48 WIB

Ketua DPR Dukung Transaksi Non Tunai di Pintu Tol, Ini Manfaatnya

Ketua DPR Setya Novanto mendukung langkah pemerintah yang sedang menggencarkan transaksi non tunai di pintu tol. Bagaimana manfaatnya?

Ketua DPR, Setya Novanto Cek Transaksi di Pintu Tol Cikarang Utama (Foto: Humas DPR)

Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) akan menghadiri Haul dan Tasyakur ke-28 Pondok Pesantren Khas Kempek di Cirebon, Jawa Barat. Dalam perjalanan, Setnov dan rombongan menyempatkan diri meninjau transaksi non tunai di pintu tol Cikarang Utama.

Setnov mengatakan, DPR mendukung langkah pemerintah yang sedang menggencarkan transaksi non tunai di pintu tol. Hal ini dinilai untuk mengurangi kemacetan dan memudahkan transaksi.

"Tidak perlu menunggu uang kembali, sehingga bisa mengurangi waktu transaksi. Efeknya dapat mengurangi kemacetan di pintu tol. Saya harap masyarakat ikut mendukung program ini," kata Setnov, di Pintu Tol Cikarang Utama, Jumat (20/10).

Bahkan, Setnov sempat berdialog dengan warga untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh pengguna transaksi non tunai. Sebab, sejumlah warga masih mengetahui dan belum terbiasa dengan sistem transaksi tersebut.

Meski masih terjadi kemacetan di pintu tol Cikarang Utama, petugas pintu tol mengaku ini bukanlah efek penerapan transaksi non tunai. Melainkan efek pembangunan di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek.

"Pemerintah saat ini memang sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di sepanjang jalan tol ini. Terhadap efek kemacetan akibat pembangunan ini, saya harap masyarakat bisa bersabar. Jika pembangunan sudah selesai, masyarakat bisa segera menikmati hasilnya," kata Setnov.

Dalam kesempatan itu, Setnov berpesan, kepada mayarakat agar bijak dalam menyiapkan kartu pembayaran non tunai. "Jangan sampai begitu di pintu tol, kartu pembayaran tidak ada. Kalaupun ada, jangan sampai saldonya tidak mencukupi. Ini untuk menghindari kemacetan lebih lanjut," terangnya.

Menurutnya, perkembangan teknologi dan informasi dalam sistem transaksi pembayaran tidak bisa dihindari. Namun, hal ini perlu diimbangi dengan peningkatan keamanan.

"DPR RI dan Pemerintah terus meningkatkan pelayanan kepada warga dalam menggunakan transaksi non tunai. Terutama dalam hal keamanan, perlindungan konsumen, maupun inovasi pembayaran. Sehingga kita bisa mencapai sistem pembayaran transaksi yang aman, efisien, dan lancar," demikian Setnov.

Dalam kunjungan itu, Setnov didampingi Wakil Ketua Komisi IV Roem Kono, Anggota Komisi X DPR Mujib Rohmat, Anggota Komisi VIII Noor Achmad, Anggota Komisi I Dave Laksono, Anggota Komisi V Daniel Muttaqien, dan Staff Khusus Ketua DPR RI Yahya Zaini.

KEYWORD :

Warta DPR Ketua DPR Setya Novanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :