Jum'at, 26/04/2024 23:30 WIB

Kata Romy, Pancasila Wajib Diimani

Pancasila menjadi sesuatu yang wajib `diimani` oleh seluruh warga negara Indonesia. Sebab, Pancasila merupakan konsensus bersama.

Ketum PPP, Romahurmuziy

Purwakarta - Pancasila menjadi sesuatu yang wajib `diimani` oleh seluruh warga negara Indonesia. Sebab, Pancasila merupakan konsensus bersama.

Demikian disampaikan Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy saat memberikan kuliah umum kepada Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta di Gedung Yudistira Komplek Pemda Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (17/6).

"Iman adalah setuju tanpa reserve dan kita adalah pewaris dari para pembuat konsensus," kata Romy sapaan akrab Romahurmuziy.

Menurutnya, sebagai penerima waris maka apa yang diwariskan harus dikembangkan. Mengingat, ahli waris yang baik adalah mampu mengembangkan setiap pemberi waris.

"Pemberi warisnya adalah para pendiri bangsa yang telah mengkonsensuskan Pancasila. Jangan kemudian kita sebagai penerima waris justru mengacak-acak, mengganggu, mendekonstruksi, mengurangi apalagi mengganti Pancasila," tegasnya.

Sehingga, lanjut Romy, Pancasila tetap dapat dipertahankan dan relevan sampai kapanpun. Pancasila juga jangan sampai menjadi ideologi yang hanya memiliki tafsir tunggal oleh penguasa.

"Siapapun boleh menafsirkannya, sehingga Pancasila bisa menjadi penguat. Sebab, Pancasila tidak hanya sekedar dibaca atau dihapalkan, melainkan dipelajari," tandasnya.

KEYWORD :

Pancasila Ideologi Pancasila ISIS PPP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :