Sabtu, 27/04/2024 00:46 WIB

Hakim Garis Pencipta "Tangan Tuhan" Tutup Usia

Ali bin Nasser yang bertugas sebagai wasit utama belakangan mengaku sudah menunggu Dochev memberikan keputusan.

Bogdan Dochev (dua dari kanan)

Bulgaria – Hakim garis asal Bulgaria Bogdan Dochev meninggal dunia, Kamis (1/6) kemarin di usia 80. Ia merupakan hakim garis yang gagal mengawal pergerakan Maradona, saat melakukan gol tangan tuhan dalam pertandingan Argentina melawan Inggris pada Piala Dunia 1986.

Saat itu, Argentina lolos ke babak semifinal berkat kemenangan 2-1. Ali bin Nasser yang bertugas sebagai wasit utama belakangan mengaku sudah menunggu Dochev memberikan keputusan apakah melihat indikasi pelanggaran atau tidak.

“Saya menunggu Dochev memberi saya etunjuk tentang apa sebenarnya yang terjadi, tapi dia tidak memberi isyarat hands ball,” aku Bin Nasser.

Dochev pun berkilah, saat itu peraturan FIFA melarang asisten wasit mempengaruhi keputusan wasit utama. Sekali pun ia melihat adanya pelanggaran di lapangan.

“Kalau FIFA menempatkan wasit asal Eropa saat itu, mungkin gol Maradona tidak akan pernah ada,” ujar Dochev dalam sebuah kesempatan.

“Diego Maradona menghancurkan karir saya. Ia adalah pesepakbola hebat, tapi tubuhnya kecil,” tambahnya dikutip dari BBC.

KEYWORD :

Maradona Bogdan Docvhev FIFA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :