Sabtu, 27/04/2024 03:24 WIB

Dugaan Korupsi Era Anies Baswedan, KPK Diminta Usut

KPK dituntut tindaklanjuti laporan atas over budgeting di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) era Anies Baswedan.

FMPP aksi di Gedung KPK

Jakarta - Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) kembali menggelar aksi ke Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka menuntut laporan atas over budgeting di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) era Anies Baswedan.

Koordinator FMPP Abi Rekso Panggalih mengatakan, pihaknya menuntut KPK agar segera menindaklanjuti laporan atas dugaan korupsi senilai Rp 23,3 triliun di Kemendikbud masa Anies Baswedan.

"Kami mendorong KPK untuk segera melakukan pemanggilan pejabat Kemendikbud dalam rangka pemberian kejelasan informasi atas isu over budgeting," kata Abi, melalui keterangannya, Jakarta, Selasa (11/4).

Dalam kesempatan itu, Abi meminta agar KPK tetap independen dalam pemberantasan korupsi. "Menuntut agar semua aktor-aktor penyidik KPK bekerja secara profesional, tanpa terpengaruh dengan hubungan personal," tegasnya.

Diketahui, kurang lebih satu minggu lalu FMPP bersama Tim Advokasi Jakarta Bersih (TAJI), melakaukan pelaporan terhadap KPK terkait isu over budgeting yang terjadi pada masa Anies Baswedan.

FMPP memeberikan laporan berdasarkan fakta-fakta yang selam ini muncul sebagai informasi utama publik serta berkas surat menyurat Institusi kementrian pendidikan dan kementrian keuangan dalam kaitannya dengan over budgeting sebesar Rp 23,3 triliun.

"Sudah lebih dari satu minggu setelah kami melakukan pelaporan, kami melihat tidak ada progress atas pelaporan itu," tegas Abi.

KEYWORD :

Anies Baswedan Dugaan Korupsi Kemendikbud Mendikbud




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :