Jum'at, 26/04/2024 07:04 WIB

Kendaraan Niaga

Fasilitas Uji KIR Milik Swasta Ini Telan Investasi Rp5 Miliar

Guna mempermudah operasional bisnis konsumen, Hino melalui diler resminya, PT Hibaindo Armada Motor (HAM) meresmikan fasilitas tempat pengujian kendaraan bermotor.

Fasilitas Uji Kir Milik Swasta / HMSI

Jakarta - Guna mempermudah operasional bisnis konsumen, Hino melalui diler resminya, PT Hibaindo Armada Motor (HAM) meresmikan fasilitas tempat pengujian kendaraan bermotor.

Fasilitas uji KIR yang diresmikan oleh Kementerian Perhubungan ini adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia milik swasta, yang berlokasi di dealer Hino Cakung, Jalan Raya Bekasi Timur Km. 22 Cakung.

Hino menyatakan, fasilitas yang menelan biaya investasi sebesar Rp5 milyar ini ke depannya direncanakan bakal melayani kendaraan umum, seperti bus, truk, taksi hingga taksi online. Hadirnya tempat pengujian kir bertujuan untuk membantu pemerintah dalam penyedian fasilitas kir untuk mengetahui apakah kendaraan niaga telah memenuhi regulasi pemerintah. 

“Kami bangga Hiba Group, menjadi yang pertama dan satu – satunya di Indonesia yang dipercaya oleh pemerintah menjalankan uji kir swasta,” kata CEO Hiba Group, Jacobus Irawan, di Jakarta, Rabu (14/2).

Nantinya fasilitas uji kir milik HAM ini bakal melayani perpanjangan kir kendaraan yang sudah melakukan kir pertama di tempat pengujian kendaraan bermotor milik pemerintah.

Di tempat ini juga akan terdapat satu orang penyelia dari Dinas Perhubungan, dua orang penguji dari Dinas Perhubungan dan tiga orang penguji dari HAM. Tak hanya itu saja, untuk mempercepat proses transaksi, HAM juga bekerja sama dengan Bank DKI dengan tersedianya loket pembayaran kir.

Setiap kendaraan yang melakukan uji kir di diler Hino HAM Cakung, diawali dengan pendaftaran di counter service advisor, selanjutnya akan melewati proses seperti uji visual pertama tentang kondisi fisik kendaraan, noise test guna mengukur kebisingan kendaraan, emisi tes untuk mengukur emisi gas buang, load test untuk mengukur beban kendaraan, brake test guna mengukur fungsi pengereman, speed test mengukur kecepatan, pengujian lampu utama, side slip, uji kuncup roda depan dan uji visual 2 untuk mengecek kondisi fisik di bagian bawah kendaraan seperti gardan, propeller shaft, kaki-kaki, dan bagian lainnya.

Setiap kendaraan yang telah selesai dan lulus akan mendapatkan buku uji, plat uji, dan stiker tanda samping, sedangkan kendaraan (khususnya merk Hino) yang gagal dalam uji kir dapat langsung diperbaiki oleh mekanik di bengkel resmi Hino HAM yang letaknya bersebelahan dengan alur uji kir.

“Dengan adanya fasilitas kir ini membuat pengusaha lebih mudah dalam menjalankan bisnis, dimana fasilitas kir milik diler Hino Hibaindo Cakung, unit kendaraan pelanggan dapat booking terlebih dahulu untuk pelaksanaan kir sehingga tidak perlu repot antri lagi,” tambah Trysie Mokoagouw, Direktur HAM.

Menurutnya, pelayanan uji kir dan bengkel perbaikan dalam satu atap ini (One Stop Services) diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kendaraan milik pelanggan. [yog]

 

KEYWORD :

Hino HMSI Harga Truk Hino




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :