Sabtu, 27/04/2024 08:04 WIB

Resmi Perdana Menteri Jepang Sambangi AS

Perdana menteri Jepang, Shinzo Abe tiba di Amerika Serikat dalam rangka membicarakan ekonomi dan pertahanan Asia Pasifik dengan Presiden Donald Trump

Abe dan Istrinya, Akie, tiba di Pangkalan Andrews di Maryland pada Kamis malam (Foto: Reuters)

Washintong- Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe tiba di Amerika Serikat dalam rangka membicarakan ekonomi dan pertahanan Asia Pasifik dengan Presiden Donald Trump. Seperti yang dijanjikan Abe minggu lalu,  akan menyediakan lapangan kerja untuk AS. Meski begitu, langkah tersebut menuai kritikan dari Trump. Presiden AS mengecam akan menerapkan sistem tarif untuk produsen mobil Toyota Jepang.

Bulan lalu Trump mentweet Toyota berencana membangun pabrik di Meksiko yang akan memproduksi kendaraan menuju AS. Menanggapi hal itu Trump mengatakan "NO WAY! Bangun Pabrik di AS atau membayar pajak perbatasan."Toyota menjawab bahwa produksi dan tenaga kerja tingkat mereka tidak akan menurun

BBC malaporkan, dalam kunjungan Menteri Abe kali ini juga diperkirakan akan membahas masalah perdaganan dengan AS, yang sebelumnya menarik dri dari 12 negara Trans Pasifik Partnersihip. Trump rencananya akan menjadi tuan rumah Abe dan istrinya di rumahnya Mar-a-Lago klub di Florida, di mana kedua pemimpin tersebut akan bermain golf.

Mereka terakhir bertemu pada November ketika Abe mengunjungi Mr Trump di New York tak lama setelah terakhir memenangkan pemilihan presiden. Kunjungan Abe untuk Trump merupakan keuda kalinya sejak menjabat, sebelum pemimpin Inggris Theresa May.

KEYWORD :

Perdana Menteri Jepan Asia Pasifik Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :