Jum'at, 26/04/2024 23:51 WIB

Hadapi Pilkada Serentak, PKB Patungan Dana Kampanye

Daniel memastikan partainya memenej dengan baik akumulasi dana sumbangan anggota partainya. Sehingga, kata dia, dana tersebut dapat terarah untuk pembiayaan politik partai.

Daniel Johan/antara

Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan kesiapannya memenangkan seluruh kandidat kepala daerah usungannya pada Pilkada serentak nanti. Selain bertumpu pada kerja tim pemenangan yang solid, PKB juga menyiapkan dana yang besar untuk memenangkan jagoannya.

Darimana PKB mendapatkan dana pemenangan Pilkada? Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Daniel Johan mengatakan, partainya  memunyai  tradisi pengumpulan dana pemenangan Pilkada dengan cara gotong royong. Demi menjaga independensi, menurut Daniel, PKB biasanya melakukan urunan sumbangan yang ditarik dari setiap anggota partai dan fraksi legislatif.

"PKB terbiasa gotong royong. Tapi untuk kepentingan Pilkada keseluruhan, termasuk DKI. Tapi bukan untuk DKI saja," ujar Daniel di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Daniel memastikan partainya memenej dengan baik akumulasi dana sumbangan anggota partainya. Sehingga, kata dia, dana tersebut dapat terarah untuk pembiayaan politik partai.

Ia menjelaskan, penerapan sumbangan yang berlaku memiliki aturan yang jelas dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partainya. "Ada yang wajib, ada yang sukarela," ungkapnya.

Dalam penjelasannya, Daniel mencontohkan mekanisme sumbangan yang bersmber dari para legislator asal fraksi PKB (FPKB). Biasanya, kata dia, para legislator FPKB menyetorkan sumbangannya melalui struktur fraksinya di DPR.

Wakil ketua komisi IV DPR itu mengatakan sejauh ini metode pengmpulan dana dipartainya berjalan lancar. Bahkan, kta dia, tidak pernah ada keluhan keberatan dari para anggota FPKB memberi sumbangan untuk partainya. "Kagak ada yang keberatan. Karena jelas penggunaannya. Ini rutin," ucapnya.

KEYWORD :

Pilkada Serentah Daniel Johan PKB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :