Jum'at, 26/04/2024 10:26 WIB

10 Kroser Nasional Disiapkan Hadapi Kejuaraan Dunia

Para kroser nasional diharapkan unjuk kemampuan terbaiknya.

Menpora Imam Nahrawi bersama Pengurus IMI dan Panitia usai konferensi pers Kejuaraan Dunia Motocross MXGP di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (18/1).

Sebagai tuan rumah, Indonesia menyiapkan 10 kroser terbaik menghadapi seri kejuaraan dunia motocross MXGP di Bangka Belitung 4-5 Maret 2017. Pemerintah dalam ini Kementerian Pemuda dan Olaraga akan membantu persiapan kroser Tim Merah Putih itu.

"Terkait dengan kejuaraan yang akan berlangsung, Kemenpora akan fokus mempersiapkan tim merah putih yang terdiri dari 10 kroser terbaik Indonesia," kata Menpora Imam Nahrawi kepada wartawan di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (18/1).

Untuk kroser Indonesia yang tergabung dalam Tim Merah Putih yang dinilai sebagai bakat-bakat terbaik Indonesia ini didatangkan dari berbagai daerah. Terdiri dari Andre Sondakh (Sulawesi Utara), Mario Salontahe (Sulawesi Utara), Yosua Patipi (Papua), M Arjun Wicaksono (Jawa Tengah), Ivan Harry Nugroho (Jawa Tengah), Asep Lukman (Jawa Tengah), Rizky Haka (Jawa Tengah), Aldi Lazaroni (DIY) dan dua crosser wanita Sheva Anella (DIY) serta Suci Mulyani (Jawa Timur).

Porsi bantuan kementerian dalam mempersiapkan kroser Indonesia yang akan berlaga di seri MXGP Indonesia melalui jalur "wild card" itu, adalah dalam pendanaan, penyiapan pelatih, motor dan sarana latihan. "Kami akan support para crosser ini agar bisa tampil maksimal di ajang besar ini dan berharap mereka akan mengharuskan nama bangsa di sana," tambah Imam.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa juga mengharapkan para kroser nasional ini mengeluarkan kemampuan terbaiknya kala beradu cepat dengan pebalap dari negara-negara lainnya, kendati tidak dibebankan dengan target prestasi. "Kami harap mereka mengeluarkan kemampuan terbaiknya meski targetnya turnamen ini untuk pembelajaran dari crosser asing yang diharapkan bukan cuma teknik membalap tapi bagaimana mengolah mesin agar sesuai gaya membalap kita dan tahun berikutnya bisa lebih baik," tutur Sadikin.

Indonesia menjadi bagian dari 20 seri MXGP dan menjadi seri pertama dari tujuh seri perlombaan bagi kelas yang dibuat untuk kroser wanita (Women`s Motocross Championship/WMX) selama rangkaian MXGP 2017 ini. Hingga saat ini, jumlah peserta yang akan mengikuti gelaran MXGP Indonesia sudah mencapai 140 kroser dari 27 negara.

KEYWORD :

Kroser Kejuaraan Dunia Motokross MKGP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :