Sabtu, 27/04/2024 00:34 WIB

Mencari Operator Pelabuhan Patimban

Kami harus melakukan koordinasi internal dulu. Tapi kita upayakan swasta nasional mengikuti tender untuk operator Pelabuhan Patimbang

pelabuhan_patimban

Jakarta - Pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat akan mulai digenjot pada akhir 2017. Lantas, siapa yang nantinya akan menjadi operator pelabuhan besar sekelas tanjung priuk tersebut?

"Untuk operator pelabuhan patimban belum (diputuskan). Kami harus melakukan koordinasi internal dulu. Tapi kita upayakan swasta nasional mengikuti tender untuk operator Pelabuhan Patimbang," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam sebuah kesempatan, Budi menyebut Pelindo II sebagai harapan untuk menjadi operator, dan di sisi lain juga ingin mengundang pihak swasta mengikuti tender. Namun hingga kini progressnya masih belum dijelaskan.

Kemenhub sendiri membentuk tim khusus berupa satker yang bersifat ad hock untuk pembangunan pelabuhan Patimban. Tim ad hock ini akan diisi pula oleh tenaga-tenaga profesional yang mengerti Harbour, Kemaritiman, Legal, dan bisnis Maritim.

Pembangunan pelabuhan Patimban sendiri ditarget sudah mulai konstruksi pada akhir 2017. Sebab targetnya pada awal 2019 pelabuhan sudah bisa beroperasi.

KEYWORD :

Pelabuhan Patimban Kemenhub Budi Karya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :