Sabtu, 27/04/2024 07:00 WIB

Donald Trump Ancam Produsen Mobil BMW

menurut Trump, Jerman tidak membeli mobil produksi Amerika Chevrolet

Donald Trump

New York - Belum dilantik,  Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan mengenakan pajak perbatasan tinggi kepada produsen mobil Jerman BMW atas rencana pembangunan di pabrik baru di Meksiko untuk diekspor ke pasar AS.

Angka pajak yang diincar Trump sebesar 35 persen. Hal itu dikatakan  Trump saat diwawancarai surat kabar Jerman, Bild pekan lalu. Trump menegaskan BMW harus membangun pabrik mobil baru di Amerika Serikat karena hal itu dianggap  "lebih baik" bagi perusahaan.

Trump kemudian mengatakan Jerman adalah produsen mobil besar, hal itu dibuktikan dengan banyaknya mobil Mercedes Benz di jalan raya kota New York namun tidak ada timbal balik yang dirasakan.

Dan Di sisi lain, menurut Trump, Jerman tidak membeli mobil produksi Amerika Chevrolet dengan harga yang sama sehingga hubungan bisnis menjadi berjalan satu arah dan tidak adil. Kendati demikian, Trump mengatakan dia adalah pendukung sistem perdagangan bebas.

Seorang juru bicara BMW mengatakan pabrik Grup BMW di San Luis Potosi akan memproduksi BMW Seri 3 mulai tahun 2019 untuk pasar dunia. Pabrik di Meksiko itu adalah tambahan dari fasilitas produksi BMW Seri 3 di Jerman dan China.

Juru bicara BMW mengatakan perusahaan itu sudah berkontribusi dengan membuka lapangan pekerjaan untuk 70 ribu orang di Amerika Serikat, demikian Reuters.

KEYWORD :

Pajak Mobil Donald Trump BMW




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :