Selasa, 22/08/2017 19:54 WIB

Enam Tanda-tanda Kecanduan Seks

Apakah kecanduan seks benar-benar ada? Atau hanya persoalan tidak bisa kontrol diri saja?

Ilustrasi

Walaupun kecanduan seks sudah lama dibicarakan, peneliti dan para dokter masih berdebat apa sebenarnya yang dimaksud kecanduan seks itu. Beberapa tahun lalu ada upaya untuk menyebutnya sebagai gejala `Hyperseksual Disorder` untuk masuk ke dalam diagnosis terapi psikologi,  tetapi karena tidak ada dasar penelitian ilmiah yang cukup upaya itu ditolak.

Walaupun demikian kecanduan seks memang nyata adanya. Dan kecanduan itu tidak seperti kecanduan berada di mall dan berlama-lama belanja menjadi shopaholic atau keenakan makan coklat membuat seseorang menjadi chocoholic.

Kecanduan seks lebih kompleks daripada itu. Ternyata ada penelitian yang memperlihatkan bahwa kecanduan seks memang mirip dengan kecanduan obat. Penelitian itu dilakukan di University of Cambridge yang menemukan banyak proses yang berkelindan di dalam beberapa bagian otak manusia -- semuanya terhubung dengan bagian otak yang menilai antara apa yang diperoleh dengan motivasi manusia -- yang proses itu juga ditemukan di dalam bagian otak manusia yang kecanduan obat.

Tetapi walaupun kecanduan seks masih merupakan objek yang sulit untuk diperbincangkan, berikut ini adalah tanda-tanda jika perilaku seksual Anda telah mengancam kehidupan Anda, berdasarkan penjelasan dari situs quickanddirtytips.com.

1. Jika Seks sudah menjadi aktivitas yang mengganggu.  Punya banyak pasangan untuk berhubungan seks mungkin bukan suatu penyakit. Tetapi, saat Anda melakukan seks dengan mengabaikan rumah tangga, hubungan keluarga, teman, sekolah hingga pekerjaan maka sudah pasti kehidupan seks Anda adalah gangguan.

2. Jika Seks sudah tidak bisa Anda kontrol. Jika desakan kebutuhan itu datang dan Anda tidak mampu berbuat apa-apa untuk melawannya maka tanda-tanda ini adalah satu hal yang harus benar-benar dicamkan. Jika Anda melakukan seks tanpa berpikir panjang akan konskwensinya maka sudah pasti hal ini telah menjadi hal yang serius.

3. Jika Anda sudah melakukan Seks dengan kompulsif.  Seks pada tingkatan ini sudah tidak hanya karena Anda ingin merasakan kepuasan. Pada tingkatan ini, kompulsif, seks Anda lakukan hanya karena Anda merasa kurang nyaman akan sesuatu padahal ketidaknyamanan itu adalah hal yang biasa terjadi pada semua orang.

4. Jika Seks sudah membuat ketergantungan. Seperti obat-obatan dan alkohol seks juga bisa menjadi hal yang membuat ketergantungan.  Parahnya lagi jika Anda tidak mendapatkannya Anda kemudian bisa berada pada keadaan sakaw.

5. Jika Anda sudah tidak bisa memisahkan antara seks dengan hal-hal penting yang lain (conflation).  Banyak hal yang semestinya harus dipisahkan dari seks, semisal, kebahagiaan Anda, dan rasa percaya diri Anda. Jika Anda melakukan seks  kemudian Anda merasa bahwa Anda hanya akan bahagia jika melakukannya maka Anda sudah pada kondisi yang merisaukan.

6. Jika Anda sudah merasa kekosongan diri dan hubungan sosial Anda sudah rusak. Pada tataran ini kecanduan seks memang sudah menjadi penyakit. Perbedaan seks dengan kecanduan obat adalah kecanduan seks melibatkan orang lain untuk memuaskannya. Sementara kecanduan obat bisa hanya Anda seorang diri. Akibatnya pada tataran ini risiko hidup Anda memang menjadi taruhannya entah karena penyakit atau karena tindakan lain yang melibatkan orang lain.

TAGS : Kecaduan Seks

TERKAIT




TERPOPULER :

TERKINI

Karpet Merah Sambut Partai Komunis Vietnam

Karpet merah digelar di Gedung Nusantara III DPR dan Gedu...

MPR Harapkan Kunjungan Partai Komunis Vietnam Tingkatkan Hubungan Bilateral

Sekretaris Jenderal Partai komunis Vietnam, Nguyen Phu Tr...

Kementerian Kesehatan Saudi Sepakat Perangi Rokok

Arab Saudi menandatangani kesepakatan dengan Al-Kaws Deve...

Anggaran Pertahanan Kecil, Sebuah Anomali Bagi Poros Maritim Dunia

Connie menyayangkan alokasi anggaran bidang pertahanan ta...

DPR: Pemerintah Tepat Minta MK Tolak Uji Materi Pegawai KPK

Sikap pemerintah yang meminta Mahkamah Konstitusi (MK) me...

Hidayat Nur Wahid : Mengenyam Pendidikan Adalah Hak Asasi Manusia.

Bangsa Indonesia digagas dan didirikan oleh para terpelaj...