Jum'at, 26/04/2024 11:35 WIB

Misbakhun Nyatakan, Program PINA Perlu Diberi Peluang

Pernyataan Misbakhun tersebut menanggapi rencana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk menerapkan program PINA

Mukhamad Misbakhun, Anggota Komisi XI DPR

Jakarta - Anggota Komisi XI DPR, Mukhamad Misbakhun menyatakan, memuji program Pembiayaan Investasi Non-APBN (PINA) yang rencananya digelontorkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Menurut dia, program tersebut dalam menyelamatkan program infrastruktur yang direncanakan Presiden Joko Widodo. "Program PINA ini tidak tergantung pada PMN (penyertaan modal negara) yang bersumber dari APBN. Apalagi, saat ini APBN sedang mengalami kontraksi akibat penerimaan pajak," kata Misbakhun melalui siaran persnya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pernyataan Misbakhun tersebut menanggapi rencana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk menerapkan program PINA dengan memanfaatkan antara lain sumber-sumber pembiayaan jangka panjang, misalnya dari dana pensiun dan perusahaan pembiayaan infrastruktur.

Pada penerapan program ini, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, menggandeng swasta untuk berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Misbakhun dilansir ant, juga menyinggung soal, hasil audit BPK terkait pencairan PMN ke sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sesuai program Pemerintah, ternyata ada persoalan. Menurut dia, langkah PINA ini sepatutnya semakin diberi peluang dengan pembagian tugas dan kewenangan yang jelas dari Presiden kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas agar dalam melaksanakan kebijakan tersebut, memiliki dasar penugasan yang kuat.(T.R024)

KEYWORD :

Program PINA Mukhamad Misbakhun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :