Jum'at, 26/04/2024 11:01 WIB

Penelitian

Penelitian ini Membuat Tikus Kembali Muda, Kalau Manusia?

Selama ini pengembangan dari sel punca, tidak berakibat baik bagi organ tubuh yang dihasilkan.

Penelitian Stem Cell

Peneliti di Salk Institute California, Amerika Serikat telah berhasil mengembalikan sel-sel tubuh tikus percobaan menjadi kembali muda. Keberhasilan itu ternyata membawa hasil lain yakni tikus itu bisa hidup lebih lama hingga 30 persen rentang hidupnya.

Teknik baru yang dikembangkan oleh para peneliti ini merupakan teknik melakukan stimulasi pada empat jenis gen yang aktif selama masa pertumbuhan janin dalam kandungan.

Keempat gen yang digunakan dalam percobaan itu adalah gen yang oleh para peneliti dikenal dengan nama the Yamanaka Factors. Empat gen ini bisa membuat sel hewan dewasa kembali dalam keadaan seperti berada di kandungan, atau pada keadaan sel punca (stem cell).  Seperti telah banyak diketahui sel punca adalah sel yang bisa dikembangkan menjadi sel penyusun bermacam-macam bagian tubuh.

Selama ini pengembangan dari sel punca, tidak berakibat baik bagi organ tubuh yang dihasilkan, efeknya mampu memunculkan kanker."Penelitian telah memperlihatkan bahwa sel bisa diprogram ulang untuk bisa berada pada keadaan sel punca," kata Pradeep Reddy, salah seorang peneliti di Salk Institute.

Tetapi, pada percobaan di atas tikus yang mengalami kelainan penyakit penuaan dini, setelah melalui terapi sel-sel tubuhnya yang awalnya menua bisa menjadi muda kembali dan membuat umurnya lebih panjang hingga 30%. Organ-organ yang rusak karena proses penuaan dini ternyata bisa sembuh lebih cepat dengan efek tambahan umurnya menjadi lebih panjang.

"Yang kami lakukan di  sini untuk pertama  kalinya kami bisa melakukan stimulasi dalam rentang  yang pendek ternyata bisa membuat sel meremajakan diri dan memperpanjang umur hewan ," ujar Reddy.

KEYWORD :

Teliti Tikus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :