Sabtu, 27/04/2024 00:30 WIB

Survey

Pendidikan Berdasarkan Agama, Ini Hasil Sensus di Dunia

Walaupun disparitas itu muncul, tetapi dari waktu ke waktu semakin berkurang karena rata-rata pendidikan yang rendah. 

Ilustrasi anak sekolah

Jakarta - Sampai hari ini, pemeluk agama Yahudi adalah orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi dibandingkan dengan mayoritas agama lainnya.

Pew Research Center melakukan penelitian demografi pemeluk agama dunia ini berdasarkan dari sensus dan survey yang dilakukan di 150 negara di dunia.

Adanya disparitas atau jurang yang besar di antara pemeluk agama dunia ini,  sebagian karena pemeluk agama-agama ini terbagi dalam kelompok-kelompok terkonsentrasi di penjuru dunia . Misalnya, mayoritas pemeluk agama Yahudi tinggal di Amerika Serikat dan Israel -- dua negara yang secara ekonomi mempunyai tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara itu rendahnya tingkat pendidikan pemeluk agama Hindu lebih karena 98% mereka tinggal di negara-negara berkembang seperti India, Nepal dan Bangladesh.

Penelitian ini juga mengungkap besarnya jurang disparitas gender dalam mendapatkan pendidikan. Pemeluk agama Islam perempuan di dunia rata-rata menempuh pendidikan 4,9 tahun di sekolah,  berbanding dengan pemeluk Islam laki-laki yang rata-rata menepuh 6,4 tahun. Begitu juga dengan pemeluk hindu perempuan yang rata-rata menempuh pendidikan formal 4,2 tahun berbanding dengan laki-laki yang menempuh hingga 6,9 tahun.

Walaupun disparitas itu muncul tetapi dari waktu ke waktu semakin berkurang karena kelompok pemeluk agama dengan rata-rata pendidikan yang rendah.  Muslim dan Hindu,  saat ini merupakan pemeluk agama yang mendapatkan kenaikan tingkat pendidikan tertinggi dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

KEYWORD :

Agama Dunia Pendirikan Beragama Ajaran Islam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :