Jum'at, 26/04/2024 12:55 WIB

Kesehatan

Manfaat Mandi Pagi bagi Tubuh

Mandi pagi sangat berguna dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Ilustrasi mandi

Jakarta - Masih malas mandi pagi? Sebaiknya akhiri kebiasan itu. Tahukah Anda bahwa Rutinitas yang Anda lakukan sehari-hari sebagian besar menuntut tubuh tetap segar dan prima, sehingga bisa menjalankan berbagai aktivitas sepanjang hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh lebih segar dan tetap prima adalah dengan melakukan mandi pagi. Mandi pagi sangat berguna dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Menurut beberapa penelitian, manusia harus membiasakan diri untuk mandi pagi setiap hari dengan air dingin. Mandi dengan air dingin tidak hanya bertujuan untuk membersihkan tubuh saja. Dikutip dari Hotcopas, kebiasan ini memiliki banyak manfaat lain yang berguna bagi kesehatan manusia, yaitu:

Melancarkan sirkulasi darah

Menurut hasil penelitian lembaga penelitian trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka sirkulasi darah akan lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar.

Meningkatkan produksi sel darah putih

Masih menurut hasil studi di Inggris, mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Ketika sel-sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus akan meningkat. Tubuh Anda akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit jika daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

Menurunkan risiko darah tinggi

Menurut hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, Frederic Premji, mandi air dingin akan menurunkan risiko hipertensi, varises dan pengerasan pembuluh darah. Hal ini karena mandi air dingin dapat melancarkan sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

Meningkatkan kesuburan

Mandi dengan air dingin memiliki efek positif bagi reproduksi manusia, yaitu meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Akibatnya, kesuburan dan gairah seksual akan meningkat.

KEYWORD :

Mandi pagi Tips Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :