Sabtu, 27/04/2024 08:57 WIB

Aksi 412

Mensos Bantah Surat Edaran 412, Siapa Pembuatnya?

Mensos belum memastikan akan menindaklanjuti laporan pemalsuan surat imbauan yang ditandatangani Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin.

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa

Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa membantah surat pengerahan pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Sosial terkait aksi gelar budaya Bhinneka Tunggal Ika. Surat yang dikeluarkan Kemensos adalah tentang sosialisasi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

"Itu sebetulnya bagian dari proses sosialisasi HKSN yang akan digelar 20 Desember mendatang di Kalimantan Tengah, memang ada pawai budaya adat Dayak," kata Khofifah di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (5/12).

Khofifah mengatakan, sosialisasi HKSN yang dilaksanakan di Bunderan Hotel Indonesia pada Minggu 4 Desember 2016 bertepatan dengan aksi Parade Kebhinnekaan atau disebut aksi 412 yang berlokasi saat hari bebas kendaraan bermotor (car free day).

"Dulu ketika aksi 4 November 2016 pada 6 Desember juga kita buat pawai budaya yang kaitannya dengan Hari Pahlawan," kilah Khofifah dilansir Ant.

Izin sosialisasi HKSN tersebut, lanjut Khofifah, sudah dikantongi sejak Mei lalu karena sosialisasi memang biasa dilaksanakan saat car free day. Namun Khofifah belum memastikan akan menindaklanjuti laporan pemalsuan surat imbauan yang ditandatangani Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin tersebut.

"Nanti deh. Pokoknya yang penting saya ingin sampaikan bahwa kaitan Kementerian Sosial adalah rangkaian sosialiasasi program HKSN," jelasnya.

Pada aksi 412, beredar surat imbauan dengan kepala surat bertuliskan Kementerian Sosial yang berisi "Bersama ini kami sampaikan bahwa dalam rangka Gelar Budaya `Bhinneka Tunggal Ika` yang akan dihadiri oleh Presiden RI dan melibatkan seluruh Kementerian/Lembaga.

"Bersama ini kami mengimbau kepada pejabat eselon II di lingkungan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial agar memerintahkan kepada seluruh pegawai beserta keluarga di lingkungan unit masing-masing untuk wajib hadir pada Hari Minggu Tanggal 4 Desember 2016 pukul 07.00 WIB s/d Selesai, pakaian kaos putih," demikian isi surat tersebut. Sementara surat yang asli berisi tentang sosialisasi terkait pelaksanaan HKSN.

KEYWORD :

Parade Bhinneka Khofifah Parawangsa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :