Sabtu, 27/04/2024 04:28 WIB

JAIIC Bakal Lahirkan Prakarsa Jakarta

JAIIC akan lahirkan Prakarsa Jakarta dan Forum Dunia untuk Dakwah Moderat

Ketua Panitia JAIIC Robi Nurhadi (Istimewa)

Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta International Islamic Conference (JAIIC) di Mercure Hotel, 29 November - 1 Desember 2016. Konferensi ini dibuka secara resmi, Selasa (29/11/2016) malam. Dr Robi Nurhadi

Ketua Panitia JAIIC Dr Robi Nurhadi mengatakan, JAIIC yang pertemukan ulama ini ini bakal melahirkan sebuah kesepakatan bersama dan sebuah forum dunia antar ulama.

"Hasil yang ingin dicapai dalam JAIIC ini adalah lahirnya Prakarsa Jakarta untuk Dakwah yang moderat," kata Robi saat konferensi pers, Selasa (29/11/2016).

Prakarsa Jakarta untuk dakwah moderat ini ini akan berkaitan dengan metode dakwah yang moderat, dimana model pendekatan dakwah yang bersifat global.

Materi juga berasal dari peserta JAIIC saat membedah seputar pesamaaan, perbedaan hingga tantangan dan solusi yang dihadapi Umat Islam dalam menyebarkan gagasan seputar Islam di ibukota negara masing-masing.

"Prakarsa Jakarta untuk Dakwah Moderat ini merupakan software jadi hardware dari itu adalah Forum Dunia untuk Dakwah yang Moderat. Software inilah yang harus digulirkan," kata Dr Robi.

Forum ini untuk menjaga semangat dakwah moderat dan sosialisasi mengenai Prakarsa Jakarta ini tidak akan terhenti di JAIIC. Namun, akan terus menelurkan gagasan dan gerakan baru di negara-negara yang peserta yang hadir.

Dalam JAIIC, Ketua Umum MUI Pusat Dr KH Ma`ruf Amin jadi pembicara kunci. Ketua Front Pembela Islam (FPI) Dr Habib M Rizieq Shihab Lc MA dan Dr KH A Syafii Mufid juga tampil sebagai pembicara

Pembicara lain seperti Yahya Michot dari Amerika Serikat, Jurjen Aan de Wiel (Belanda), Syaikh Sulaiman al Khatib (Suriah) dan Prof Dr Hadji Latif Sahraman (Filipina).

Para delegasi nantinya akan membedah seputar pesamaaan, perbedaan hingga tantangan dan solusi yang dihadapi Umat Islam dalam menyebarkan gagasan seputar Islam di ibukota negara masing-masing.

KEYWORD :

MUI DKI JAIIC Islam Moderat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :