Sabtu, 27/04/2024 08:11 WIB

INTERNASIONAL

Fidel Castro Wafat

Kabar tersebut telah dikonfirmasikan kepada saudaranya yang juga menjabat sebagai Presiden Kuba saat ini, Raul Castro, yang membenarkan kabar kematian Fidel Castro.

Fidel Castro, mantan pemimpin Kuba.(foto:dailymail)

Havana - Bersama Che Guevara, Fidel Castro menjadi ikon revolusioner yang berani terang-terangan menentang sebelas presiden Amerika Serikat dan telah mendorong Kuba ke atas panggung dunia. Mantan pemimpin besar Kuba itu meninggal pada usia 90 tahun.

Sebuah televisi yang dikelola oleh pemerintahan Kuba menyatakan bahwa pemimpin revolusioner Kuba itu meninggal pada jam tujuh malam waktu setempat, Sabtu (26/11). Kabar tersebut telah dikonfirmasikan kepada saudaranya yang juga menjabat sebagai Presiden Kuba saat ini, Raul Castro, yang membenarkan kabar kematian mantan pemimpin Kuba tersebut.

Selama Kuba dipimpin oleh Castro, pemerintah AS telah menghabiskan satu miliar dolar untuk percobaan pembunuhan terhadap Castro, merusak atau memaksa Castro tak berkuasa lagi. Tapi Castro malah tambah kokoh dengan kekuasaannya, sebelum penyakit tua menggerogotinya.

Hector Maseda (72) seorang tahanan politik dan pengkritik Fidel Castro, seperti dikutip dari aljazeera, mengatakan bahwa negeri Kuba telah berjalan pada kehancuran ekonomi dan tidak ada kebebasan dasar untuk 11 juta orang Kuba di rumah. Castro, ucap Maseda, telah memaksa lebih dari satu juta orang menuju pengasingan.

"Dalam 55 tahun, pemerintah Kuba tidak melakukan apapun untuk membantu rakyat Kuba dalam hal hak asasi manusia. Saya tidak percaya pada rezim ini. Saya tidak percaya itu," ucap Maseda, tahanan politik yang tinggal di Havana.

Namun, bagi sebagian rakyat Kuba, Castro adalah sosok pahlawan dan pemimpin besar yang hebat. Agustin Diaz Cartaya, seorang pria yang pernah bergabung dengan Castro pada tahun 1953 dalam sebuah revolusi yang dilancarkan di Kuba Timur, seperti dikutip dari laporan aljazeera, mengatakan bahwa Castro adalah sosok "raksasa dari dunia ketiga".

"Tidak ada yang telah dilakukan untuk dunia ketiga yang lebih baik selain Fidel Castro," ucap Cartaya.[]

KEYWORD :

fidel castro wafat mantan pemimpin kuba




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :