Rabu, 08/05/2024 14:49 WIB

Kristina Asal Sulbar Gagal Ikut Paskabraka Akibat Covid, BPIP: Kami Merasa Prihatin

Anggota Paskibraka juga akan ditetapkan sebagai Duta Pancasila

Paskibraka

Jakarta, Jurnas.com - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengaku prihatin atas gagalnya Kristina asal Sulawesi Barat mengikuti diklat Paskibraka di Jakarta akibat dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan test PCR.

"BPIP menyampaikan keprihatinan atas gagalnya calon paskibraka asal Sulawesi Barat, Kristina, untuk mengikuti diklat di Jakarta," ujar Deputi Pengendalian dan Evaluasi
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Rima Agristina di Jakarta, Jumat (30/7/2021).

BPIP mulai tahun ini mendapat amanah membina program Paskibraka. Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda melalui Program Paskibraka.

Pembinaan Ideologi Pancasila melalui program Paskibraka itu dilaksanakan BPIP bersama Kemenpora. Mulai dari tahapan perekrutan dan seleksi, hingga tahapan pengukuhan Paskibraka.

"Selanjutnya dengan terbitnya Perpres Nomor 13/2021 itu, maka paskibraka juga akan ditetapkan sebagai Duta Pancasila," jelas Rima.

Ia mengakui bahwa kegagalan Kristina ikut dalam diklat capaskibraka tentunya mengecewakan.

Sama halnya seperti anak-anak bangsa Indonesia yang lain, Kristina tentu sangat berharap dapat mewakili provinsinya menjadi Paskibraka tingkat nasional.

Bertugas di Istana Negara pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus adalah impian seluruh pemuda Indonesia.

"BPIP mengharapkan agar semua pihak dapat tenang dalam menyelesaikan persoalan tersebut di atas, dan lebih mengedepankan musyawarah dengan tetap berpegang teguh kepada hukum positif," jelas Rima.

Atas nama Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agristina, meminta seluruh Calon Paskibraka yang tengah menjalankan diklat, dan bersiap untuk melaksanakan tugas pada upacara peringatan hari kemerdekaan RI, agar tetap patuh menjalankan protokol pencegahan Covid-19.

"BPIP meminta seluruh pihak agar mendudukkan masalah ini sesuai dengan bukti dan ketentuan yang ada," tuntas Rima Agristina

KEYWORD :

Paskibraka Kristina Sulbar BPIP Rima Agristina Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :