Sabtu, 27/04/2024 19:41 WIB

Tips

Ini Penyebab Mobil Mogok Akibat Terjang Banjir

Jelang akhir tahun, biasanya intensitas curah hujan semakin meningkat. Hal ini kerap dibarengi dengan sejumlah fenomena banjir pada ruas-ruas jalan di setiap kawasan rawan genangan air.

Genangan Air Hujan / GDW

Bogor – Jelang akhir tahun, biasanya intensitas curah hujan semakin meningkat. Hal ini kerap dibarengi dengan sejumlah fenomena banjir pada ruas-ruas jalan di setiap kawasan rawan genangan air. Bila kondisi itu terjadi, tak jarang pengendara masih ada yang nekad menerobos banjir demi menghindari macet berkepanjangan.

Pereli Nasional, Rifat Sungkar yang juga pemilik Rifat Driving Labs (RDL) menjelaskan bahwa penyebab mobil mogok setelah menerjang banjir adalah terendamnya komponen Air Intake Filter. Untuk itu, supaya mesin mobil tidak mati ketika melewati banjir, Anda perlu memperhatikan posisi dari Air Intake Filter.

“Coba untuk sesekali melihat posisi Air Intake Filter pada kap mesin dengan cara mengukur dengan anggota tubuh, metode ini sangat bermanfaat dalam memprediksi ketinggian air yang dapat dilalui mobil,” ujar Rifat saat ditemui di Bogor, baru-baru ini.

Rifat menjelaskan bahwa Air Intake Filter merupakan bagian dari komponen pada mesin yang berfungsi menyaring udara kotor agar tidak mengotori atau menyebabkan fouling di dalam kompresor turbin gas.

Selain itu perhatikan juga kabel-kabel busi pada mobil. Meski kini kebanyakan mobil sudah dibalut oleh kabel busi waterproof, tapi kemungkinan air masih bisa masuk. Jika hal itu terjadi maka segera keringkan lalu pasang kembali.

Menurut Rifat jika genangan air yang dilalui memang cukup tinggi, maka kemungkinan komponen ECU (Electronic Control Unit) juga akan ikut terkena air. Dan bila sudah demikian segera ke bengkel terdekat untuk diperiksa.

Lebih lanjut pria murah senyum ini mengungkapkan, sebaiknya jangan panik bila mogok dan jangan pernah memaksakan kendaraan untuk menerjang banjir jika memang tidak yakin dengan kondisi kedalaman genangan air serta kemampuan mobil yang dimiliki. [yog]

KEYWORD :

Banjir Mogok Genangan Air Tips Kebanjiran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :