Selasa, 14/05/2024 17:23 WIB

Ketua DPRD Dairi: PT DPM Patut Kita Dukung Demi Kemajuan Daerah

Puluhan Ketua dan Perwakilan Lembaga Ormas dan OKP yang tergabung dalam Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi melakukan audiensi dengan DPRD Kabupaten Dairi.

Puluhan Ketua dan Perwakilan Lembaga Ormas dan OKP yang tergabung dalam Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi melakukan audiensi dengan DPRD Kabupaten Dairi.

Sidikalang, Jurnas.com - Puluhan Ketua dan Perwakilan Lembaga Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang tergabung dalam Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi melakukan audiensi dengan anggota DPRD Kabupaten Dairi di ruang rapat Gedung DPRD Kabupaten Dairi, Senin (31/5).

Audiensi ini merupakan langkah lanjutan yang dilakukan oleh Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi atas dukungannya terhadap perusahaan tambang PT Dairi Prima Mineral (PT DPM) yang akan beroperasi di wilayah Kabupaten Dairi.

Di mana, mereka berharap mendapat dukungan penuh dari pihak dewan DPRD Kabupaten Dairi menjadi komitmen bersama, sehingga poin-poin yang disuarakan oleh Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi dapat diwujudkan oleh pihak perusahaan demi kemajuan wilayah Kabupaten Dairi dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Dairi.

Audiensi puluhan Ketua dan perwakilan serta tokoh masyarakat itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sabam Sibarani didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dairi Wan September Situmorang dan Carles Tamba serta dihadiri delapan anggota DPRD lainnya yang terdiri dari berbagai unsur fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Dairi.

Sesi pertama dalam audiensi itu, perwakilan Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi yang diwakili Sekretaris LKP Eben Manik membacakan surat dukungan terhadap PT. DPM di hadapan para Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Dairi dengan beberapa komitmen terhadap PT DPM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kabupaten Dairi dalam berbagai sektor.

Di antaranya Sektor Pendidikan, Sektor Kesehatan, Sektor Pertanian, Sektor Tenaga Kerja, Sektor Kemandirian Ekonomi, Sektor Sosial Budaya, Partisipasi Publik, Kelembagaan Lokal, Infrastruktur/Prasarana Publik dan perhatian dalam Pembinaan Lembaga Organisasi Masyarakat, Organisasi Kebudayaan, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Sosial yang berada di Kabupaten Dairi demi kemajuan wilayah Kabupaten Dairi dan kesejahteraan masyarakat Dairi.

Sebelum mendapat tanggapan dari pimpinan sidang, Saut Ujung selaku Ketua Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Dairi mengatakan bahwa kebijakan dan dukungan yang dilakukan oleh Ormas dan OKP yang tergabung dalam Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan masyarakat banyak.

"Kita semua menginginkan kemaslahatan bagi masyarakat Dairi. Kita semua yang tergabung dari berbagai Ormas dan OKP sepakat mendukung kehadiran PT.DPM dan apabila pihak PT DPM mengingkari apa saja yang menjadi komitmennya terhadap masyarakat Dairi  maka dukungan yang saat ini kami berikan akan gugur dan batal dengan sendirinya," kata Saut Ujung.

Acara audiensi kemudian dilanjutkan dengan menyerahkan secara simbolis Surat Aspirasi dan bentuk Dukungan terhadap PT DPM kepada pimpinan DPRD Kabupaten Dairi.

Di kesempatan itu, Ketua Lembaga Kebudayaan Pakpak Seluruh Indonesia, Raja Umar Ujung mengatakan kepada pimpinan DPRD yang memimpin jalanya acara audiensi mengatakan agar kiranya pihak dewan DPRD Kabupaten Dairi mengambil langkah-langkah yang tepat serta berharap dukungan dan aspirasi yang disampaikan oleh Forum Lintas Ormas Dan OKP ini secepatnya sampai kepada Pihak PT. DPM.

"Untuk itu, kami dari Forum Lintas Ormas dan OKP menyatakan sikap mendukung kehadiran serta beroperasinya PT. DPM di Kabupaten Dairi dengan catatan bahwa kehadiran PT.DPM wajib memperhatikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Dairi dalam berbagai sektor sebagaimana yang telah kami sepakati bersama. Serta harapan kami hal dan pesan ini secepatnya disampaikan wakil rakyat kami nantinya kepada pihak PT DPM," kata Raja Umar Ujung, di ruang sidang paripurna DPRD Dairi.

Sabam Sibarani selaku ketua DPRD sekaligus sebagai Pimpinan Sidang pada acara audiensi Penyampaian Aspirasi dan Dukungan terhadap beroperasinya PT DPM oleh Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi menyampaikan harapannya agar apa yang menjadi aspirasi dan dukungan yang telah disampaikan kepada PT DPM lewat DPRD Kabupaten Dairi segera ditindaklanjuti secepatnya.

Ia juga menyampaikan pihaknya akan segera mengagendakan pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak PT DPM untuk menyuarakan aspirasi yang disampaikan oleh Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi.

"Kita akan lakukan RDP dengan pihak PT DPM untuk menyampaikan langsung aspirasi dan dukungan yang telah disampaikan oleh Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi," ujar Sabam.

Sedikit juga diciutkan oleh Sabam Sibarani dalam acara audiensi bersama Forum Lintas Ormas dan OKP bahwa salah satu ciri-ciri daerah yang maju adalah daerah yang memiliki industri dan tambang.

"Kita harus tau bahwa kenapa Dairi sulit untuk berkembang? Ini disebabkan tidak adanya faktor pendukung seperti Industri maupun Tambang. Dan kita ketahui saat ini ada salah satu faktor tersebut yaitu tambang yang akan beroperasi di Dairi. Demi kemajuan Dairi patutnya kita dukung. Namun juga harus kita pikirkan bagaimana masyarakat kedepannya," pungkas Sabam.

KEYWORD :

DPRD Kabupaten Dairi Dairi Prima Mineral Ormas Dairi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :