Senin, 29/04/2024 11:22 WIB

Sikapi Demo 4 November, Sikap Iluni Mendua?

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) membuat dua rilis pernyataan yang berbeda. Menyerukan ikut aksi dan satunya membantah. Kok bisa?

Ilustrasi aksi mahasiswa UI.(foto:terbit)

Jakarta - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) membuat dua rilis pernyataan yang berbeda. Satunya menyerukan semua elemen bangsa untuk mengikuti demonstrasi pada Jumat 4 November lusa, sedangkan yang satunya membantah seruan ikuti aksi damai pada Jumat lusa.

Keterangan yang diperoleh Jurnas.com, seruan untuk turut serta aksi pada 4 November lusa adalah seruan untuk persatuan. Aksi yang akan diikuti adalah aksi yang santun, bukan anarkis dan mengganggu keamanan warga Jakarta.

"Tidak boleh ada seorang pun yang kebal hukum di negeri ini, apalagi mayoritas elemen bangsa melihat ada yang diduga menistakan agama dan kitab suci tapi diproses lamban karena ada penguasa tertinggi yang melindunginya," demikian rilis tersebut.

Saat dikonfirmasi, A. Nur Hidayat, kontak person dalam rilis itu tidak menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan. Namun ia kembali mengirimkan gambar yang isinya seruan untuk mengikuti aksi pada Jumat 4 November lusa dengan membawa jaket kuning. Seruan itu diedarkan dengan Ketumnya R. Ima Soerio Koesoemo dan Sekjen Hidayat Masnur.

Sementara itu, Andre Rahadian, Sekjen Iluni periode 2016-2019 mengatakan bahwa organisasi yang menjadi wadah Iluni UI di bawah kepemimpinan Arief Budhy Hardono yang disahkan pada Munas 31 Juli 2016 meminta tidak ikut berpartisipasi turun ke jalan pada demonstrasi yang akan diadakan pada Jumat 4 November.

"Semua alumni UI dan elemen masyarakat untuk berhati-hati terhadap pihak tertentu yang menggunakan logo dan nama Iluni UI yang ambil bagian dalam aksi," kata Andre.

Menurutnya, memang ada organisasi yang memakai nama Iluni UI, sedangkan yang dipakai sebagai nama resmi adalah Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI).

"Mereka namakan sesuai singkatan Iluni UI buat ngakalin penamaan," jelas Andre. Pengurus Iluni membantah telah mengeluarkan pernyataan akan mengikuti aksi damai pada Jumat 4 November besok lusa.

"Tapi soal logo makara itu punya UI, jadi yang berhak menegur memang UI, bukan Iluni," kata Andre saat ditanya mengenai penggunaan simbol dan jaket kuning UI yang ikut turun ke jalan dalam aksi unjuk rasa Jumat 4 November lusa.[]

KEYWORD :

jurnas sikap iluni mendua demo 4 november




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :