Rabu, 15/05/2024 07:32 WIB

Madrid vs Chelsea: Akankah Wasit Ditunggangi UEFA?

Penggemar sepak bola akan disajikan laga seru antara Real Madrid vs Chelsea, dalam pertandingan putaran pertama semifinal Liga Champions pada Rabu (28/4) dini hari.

Wasit Danny Makkelie (Foto: Marca)

Jakarta, Jurnas.com - Penggemar sepak bola akan disajikan laga seru antara Real Madrid vs Chelsea, dalam pertandingan putaran pertama semifinal Liga Champions pada Rabu (28/4) dini hari.

Pertandingan putaran pertama akan berlangsung di Stadion Alfredo di Stefano, markas Real Madrid, sebelum EL Real bertandang ke Stamford Bridge pada Kamis, 6 Mei 2021 mendatang.

Tidak hanya pertemuan kedua tim yang sama-sama menghuni lima besar teratas di liga masing-masing yang membuat laga ini dijamin seru. Danny Makkelie, sosok wasit yang memimpin pertandingan juga tak kalah penting.

Makkelie memiliki reputasi yang baik di luar lapangan. Wasit 38 tahun itu pernah dipercaya menjadi wasit VAR dalam final Piala Dunia 2018 antara Prancis dan Kroasia, dan final Liga Champions 2019 antara Liverpool dan Tottenham.

Dalam kedua pertandingan tersebut, muncul keputusan handball yang kontroversial. Pemain Kroasia Ivan Perisic dan pemain Tottenham Moussa Sissoko mendapat penalti.

Di atas lapangan, Makkelie menjadi wasit final Liga Europa 2020 antara Sevilla dan Inter. Ia juga memimpin laga leg kedua babak 16 besar Real Madrid melawan Atalanta, di mana Makkelie memberikan hadiah penalti untuk tim asuhan Zinedine Zidane.

Selain catatannya yang belum pernah sekalipun menguntungkan Madrid maupun Chelsea, isu Liga Super Eropa yang bergulir beberapa pekan terakhir berpeluang menyetir keputusan Makkelie pada laga nanti menurut laporan Marca.

Sebagaimana diketahui, Presiden UEFA Aleksander Ceferin telah menegaskan bahwa klub Eropa dapat menjadi bagian dari Liga Super Eropa atau Liga Champions. Tidak bisa keduanya.

Sementara itu Real Madrid, merupakan salah satu dari tiga anggota yang tersisa dari proyek Liga Super Eropa, setelah ditinggalkan seluruh klub Inggris.

Chelsea sebenarnya sempat merapat dengan Liga Super Eropa. Namun hanya dalam waktu 48 jam, The Blues mengundurkan diri, bersama dengan lima klub Inggris lainnya yang terlibat.

"Bagi saya, ini adalah situasi yang sangat berbeda antara klub yang mengakui kesalahan mereka dan berkata, `Kami akan meninggalkan proyek`," kata Ceferin dikutip dari Marca pada Selasa (27/4).

"Yang lain terutama tahu, saya akan mengatakan bahwa proyek ini sudah mati, tetapi mereka mungkin tidak ingin mempercayainya," sambung dia.

Real Madrid, Barcelona dan Juventus kini menjadi tiga klub terakhir yang masih terikat dengan Liga Super Eropa, yang dipimpin oleh Florentino Perez, bos Real Madrid.

"Saya percaya 100 persen pada wasit, UEFA, dan kompetisi," kata Tuchel selama konferensi pers pra-pertandingan.

"Saya percaya 100 persen bahwa setiap wasit yang dikirim UEFA pada level ini. Kami membutuhkan wasit terbaik, karena ini sangat, sangat sulit. Dan saya percaya 100 persen bahwa wasit akan mencoba membunyikan pertandingan terbaik," sambung dia.

"Saya tidak membayangkan ada keuntungan atau kerugian karena diskusi politik olahraga. Saya bahkan tidak mau memikirkannya, karena itu tidak ada di mata saya."

KEYWORD :

Danny Makkelie Real Madrid vs Chelsea Liga Champions




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :