Senin, 29/04/2024 11:45 WIB

Mabes Polri Instruksikan Jakarta Siaga 1

Siaga I Korps Brimob Polri itu diberlakukan hanya untuk kesiapan internal Brimob

Mabes Polri (Poskotanews)

Jakarta - Markas Besar Kepolisian tak menampik Korps Brimob Polri menyatakan Siaga I dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh wilayah Negara Kesatuan RI.

Pemberitahuan Siaga I itu diketahui dari surat nomor B: B/ND-35/2016/Korbrimob tanggal 28 Oktober 2016 yang sudah beredar ke publik.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Agus Rianto mengatakan, Siaga I Korps Brimob Polri itu diberlakukan hanya untuk kesiapan internal Brimob. Siaga I itu dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Indonesia.

"Itu untuk internal Brimob dalam rangka kesiapan personel jika sewaktu-waktu diperlukan," ucap Brigadir Jenderal Agus Rianto, saat dikonfirmasi, Sabtu (29/10).

Jenderal bintang satu ini memastikan Siaga I itu bukan Polri secara keseluruhan. Tetapi hanya untuk kesiapan Korps Brimob.

"Hanya untuk memudahkan dalam kesiapan personel Brimob saja," tandas Agus.

Surat nomor B: B/ND-35/2016/Korbrimob tanggal 28 Oktober 2016 perihal Pemberitahuan Siaga yang ditandatangi Wakil Komandan Korps Brimob Polri Brigjen Anang Revandoko diketahui beredar dikalangan publik.

Surat pemberitahuan siaga itu ditujukan kepada jajaran internal Brimob, seperti para Asisten, Danmen, Kasi Korbrimob dan ditembuskan kepada Komandan Korps Brimob Polri Irjen Murad Ismail.

"Sehubungan dengan hal tersebut di atas, disampaikan kepada para As/DAN/KA bahwa dalam rangka mengantisipasi gangguan kamtibmas di seluruh wilayah NKRI dan mengantisipasi perkembangan situasi di lapangan, maka perlu DINYATAKAN SIAGA I, diulang kembali DINYATAKAN SIAGA I. Pelaksanaan Siaga I terhitung mulai Jumat 28 Oktober 2016 sampai dengan ada pencabutan," demikian isi surat yang beredar. Dalam penggalan surat lain dikabarkan juga sejumlah pasukan Brimob Polri BKO Polda Metro Jaya sudah berada di Jakarta Jumat 28 Oktober 2016 dan paling lambat Minggu 30 Oktober 2016.

KEYWORD :

Karo Penmas Brigjen Agus Rianto SIAGA 1 Korps Brimob




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :