Senin, 29/04/2024 20:20 WIB

Gempa Besar Hantam Italia

Gempa yang dilaporkan oleh CNN ini berjarak 50 mil di utara lokasi gempa yang pada Agustus silam memakan hingga 300 korban jiwa.

Petugas evakuasi memberikan pertolongan kepada korban gempa di Pescara del Tronto, Italia Tengah pada Agustus silam (foto: BBC)

Italia - Dua gempa berkekuatan besar menimpa Italia bagian tengah, Rabu (27/10). Gempa yang dilaporkan oleh CNN ini berjarak 50 mil di utara lokasi gempa yang pada Agustus silam memakan hingga 300 korban jiwa.

Survey Geologi US menyebutkan gempa kedua dengan kekuatan 6.1 skala ritcer berada 3,2 kilometer (2 mil) di utara Visso dan 58 kilometer (36 mil) dari Perugia. Beberapa jam sebelumnya, sebuah gempa berkekuatan 5,5 skala ritcher melanda wilayah yang sama. Pusat gempa yang terjadi pada pukul 7 waktu setempat (13.00 waktu Indonesia) diperkirakan berada pada jarak 9 kilometer, selatan-barat daya dari kota Visso.

Lokasi gempa berada di daerah yang memiliki jalan-jalan kecil berbatu yang menghubungkan antar desa. Inilah yang membuat petugas evakuasi mengalami kesulitan untuk menembus medan yang rawan longsor.

Belum ada laporan lebih lanjut mengenai jumlah korban jiwa, meskipun dampak kerusakan dapat terlihat di Kota Visso dan Campi, di mana gereja bersejarah San Salvatore akhirnya hancur oleh bencana gempa pada abad 15 dan gempa susulan beberapa tahun selanjutnya.

KEYWORD :

Gempa Itali Gempa Bencana Luar Negeri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :