Jum'at, 26/04/2024 16:35 WIB

Beri Bantuan untuk P4S, Kementan Tingkatkan Kapasitas SDM

P4S merupakan lembaga pelatihan yang didirikan, dimiliki dan dikelola oleh petani secara swadaya, baik perorangan maupun kelompok.

Penyerahan bantuaan alat mesin pertanian. (Foto: Ist)

Lampung Selatan, Jurnas.com - Kementerian Pertanian, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), memanfaatkan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM pertanian.

Salah satu upayanya adalah dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada P4S agar bisa meningkatkan kualitas pelatihan. Dengan bantuan ini, P4S juga diharapkan menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan pertumbuhan pertanian harus diikuti oleh sumber daya manusia (SDM) yang handal.

"SDM pertanian yang handal dapat meningkatkan bobot pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas petani dan penyuluh yang sebagai ujung tombak kegiatan pertanian," ujar Mentan Syahrul.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan, P4S merupakan lembaga pelatihan yang didirikan, dimiliki dan dikelola oleh petani secara swadaya, baik perorangan maupun kelompok.

P4S juga berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan SDM pertanian dalam bentuk pelatihan dan pemagangan dari oleh dan untuk petani serta masyarakat perdesaan.

"Hal ini merupakan wujud nyata partisipasi aktif petani, khususnya petani maju yang usahanya layak dicontoh dan ditiru oleh petani lainnya dalam mempercepat penerapan teknologi baru," katanya.

Dedi menilai peran P4S sangat strategis. Sehingga pemerintah mendorong penumbuhkembangan P4S dalam rangka mempercepat proses pembangunan pertanian dan perdesaan.

"Selain itu, pemerintah juga terus berupaya untuk memberdayakan P4S melalui pembinaan secara berkesinambungan, baik dari aspek manajemen pelatihan/permagangan, maupun pengembangan usaha, mengingat kapasitas pengelola P4S pada umumnya masih perlu ditingkatkan," ujar Dedi.

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung sebagai pembina dari P4S di wilayah Provinsi Lampung, pada tahun 2021 telah melakukan pembinaan  dibeberapa P4S sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kelembagaan P4S.

Pembinaan berupa pengembangan pelatihan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan dan menerapkan metodologi terhadap pelaku-pelaku usaha atau petani yang berada disekitar wilayah P4S. Selain pengembangan pelatihan juga diberikan bantuan berupa sarana prasarana yang dibutuhkan oleh P4S.

Kepala Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung Abdul Roni Angkat, didampingi Sub koordinator Program dan Evaluasi Feri Setyawan, menyerahkan bantuan berupa sarana dan prasarana kepada P4S klasifikasi Madya, yaitu Mandiri Sejahtera, di Dusun Damai Jaya, Desa Wawasan, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan.

Bantuan yang diberikan berupa laptop, printer, lemari arsip, kamera DSLR, alat pencacah pakan ternak dan papan tulis. "Semoga bantuan ini dapat membantu dan meningkatkan kualitas belajar dan pendampingan petani di P4S Mandiri Sejahtera," ujar Roni.

Ketua P4S Sejahtera, Suhadi mengucap syukur dan terima kasih pada tim Bapeltan Lampung yang menyerahkan sarana belajar mengajar.

"Saya berharap bantuan ini dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di P4S Mandiri Sejahtera. Selain itu dapat meningkatkan kompetensi petani dan peternak yang belajar di P4S Mandiri Sejahtera. dan kami akan menggunakan bantuan ini dengam sebaik-baiknya," kata Suhadi.

Hadir pada Kegiatan penyerahan bantuan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Selatan, Bibit Purwanto, yang juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan sarana pendidikan.

"Bantuan ini sangat membantu sekali. Kami dari pihak dinas mengucapkan terima kasih. Harapan kami banyak petani yang belajar dan terus meningkat kompetensinya," ungkap Bibit Purwanto.

KEYWORD :

SDM Pertanian Bantuan Pertanian Provinsi Lampung Dedi Nursyamsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :