Jum'at, 26/04/2024 20:58 WIB

Hamka Haq: Tak Satu Pun Agama Ajarakan Permusuhan

Masyarakat kita semakin mengenal keragaman budaya bangsa

Hamka Haq, Ketua Umum Bamusi, Ketua bidang Keagamaan DPP PDIP

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Hamka Haq, menegaskan tak ada satupun agama yang mengajarkan permusuhan.

Hal ini disampaikan Hamka Haq dalam perayaan Imlek 2021 yang digelar DPP PDI Perjuangan dengan tajuk "Imlekan Bareng Banteng" secara virtual, Jumat (12/2/2021).

Hamka Haq yang juga Ketua DPP PDIP bidang Keagamaan menyebut Imlek adalah momentum merajut gotong royong sesama anak bangsa, diperkuat dengan adanya saling menghormati dan menghargai antar umat beragama.

"Jadi saya yakin bahwa tidak ada satu agama, kepercayaan yang mengajarkan umat yang untuk bermusuhan. Terutama katakan Islam, ada ajaran rahmatan lil alamin. Dalam Kristen ada ajaran cinta kasih, dalam Hindu- Budha ada ajarannya juga dan seterusnya," kata Hamka.

Ia menegaskan bangsa ini berdiri bukan karena andil satu kelompok. Bukan hanya golongan tertentu saja.

Hamka pun membagi pengalamnnya dulu ketika menjadi pengurus Majelis Ulama Indonesia di Sulawesi Selatan. Ketika itu ia mengantarkan seorang Tionghoa yang beragama Katolik untuk mendaftar sebagai calon wali kota.

"Orang semua heran. Kenapa sekretaris umum? Tapi inilah, bahwa bangsa ini harus dibangun tanpa mengesampingkan siapa pun demi kebersamaan kita,” kenang Hamka ketika menceritakan hal itu ikut berbincang bersama Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Menutup dialog, Hamka pun mengucapkan selamat hari Imlek kepada warga yang menganut agama Khonghucu dan keturunan Tionghoa di Tanah Air.

Ucapannya juga mewakili sebagai Ketua Umum dan seluruh pengurus Baitul Muslimin Indonesia, sayap partai di bidang agama.

"Dengan ini menyampaikan kepada seluruh warga Tionghoa yang merayakan. Selamat merayakan imlek. Semoga dengan perayaan Imlek ini masyarakat kita semakin mengenal keragaman budaya bangsa kita. Untuk semakin merajut dan memperkokoh kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Demi tegakknya Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk Indonesia Raya. Gong Xi Fa Cai," kata Hamka.

KEYWORD :

Hamka Haq Bamusi Imlekan Bareng Banteng PDI Perjuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :