Jum'at, 26/04/2024 17:50 WIB

AS Sahkan Tes COVID-19 Rumahan

Tes Ellume menggunakan usap hidung yang tidak sejauh swab nasofaring yang digunakan dalam dunia klinis. Penggunaanya lebih nyaman untuk dilakukan sendiri.

Tim dari Rumah Sehat BAZNAS melalukan pemeriksaan Rapid Test Covid-19 kepada penyandang Disabilitas, yang digelar di 3 kota, Surabaya, Depok, dan Bekasi

Washington, Jurnas.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengesahkan tes cepat pertama untuk virus corona baru (COVID-19) yang dapat digunakan di rumah. Hasil dari tes cepat tersebut dapat diketahui dalam waktu sekitar 20 menit.

Dilasnir dari AFP, tes, yang dibuat oleh Ellume yang berbasis di California, akan dijual dengan harga sekitar US $ 30 dan perusahaan berencana untuk meluncurkan tiga juta unit pada Januari 2021, dan jutaan lainnya di bulan-bulan berikutnya.

Komisaris Food and Drug Administration (AS), Stephen Hahn mengatakan, otorisasi penggunaan darurat mewakili "tonggak besar."

"Kami membantu memperluas akses orang AS ke pengujian, mengurangi beban laboratorium dan perlengkapan pengujian, dan memberi orang Amerika lebih banyak pilihan pengujian dari kenyamanan dan keamanan rumah mereka sendiri," katanya.

Ini adalah tes antigen, artinya tes ini bekerja dengan mendeteksi molekul permukaan COVID-19, tidak seperti tes PCR yang lebih umum yang mencari materi genetik virus.

Teknologi yang digunakan mirip dengan tes kehamilan di rumah.

Tes Ellume menggunakan usap hidung yang tidak sejauh swab nasofaring yang digunakan dalam dunia klinis. Penggunaanya lebih nyaman untuk dilakukan sendiri.

Setelah itu, sampel kemudian dimasukkan ke dalam kartrid sekali pakai.

Menurut FDA, alat tersebut dengan benar mengidentifikasi 96 persen sampel positif dan 100 persen sampel negatif pada individu dengan gejala. Pada orang tanpa gejala, tes tersebut dengan tepat mengidentifikasi 91 persen sampel positif dan 96 persen sampel negatif.

FDA mengatakan bahwa untuk pasien tanpa gejala, hasil positif harus dianggap positif sampai dikonfirmasi oleh tes lain secepat mungkin.

Ia menambahkan, individu dengan hasil positif harus mengisolasi diri dan melakan perawatan tambahan dari penyedia layanan kesehatan mereka, sementara yang negatif tetapi mengalami gejala COVID-19 juga harus mencari tindak lanjut dengan penyedia layanan kesehatan mereka.

Pengujian rumah menghubungkan dengan aplikasi pada smartphone pengguna untuk menafsirkan hasil.

Hasil hanya membutuhkan waktu 20 menit dan dikirimkan melalui aplikasi, yang mengharuskan pengguna memasukkan kode pos dan tanggal lahir, untuk dilaporkan ke otoritas kesehatan masyarakat. Memberikan nama dan alamat email adalah opsional.

Ellume mengembangkan tes tersebut dengan dana pemerintah sebesar US $ 30 juta dari National Institutes of Health.

KEYWORD :

Tes COVID-19 Amerika Serikat Tes COVID-19 Akurat Ellume




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :