Minggu, 28/04/2024 01:14 WIB

Avrist Assurance Target Jadi Pemain Utama Pemasarkan Produk Asuransi Berbasis Syariah

Chief of Partnership Distribution Officer, PT Avrist Assurance, Vinia Lestianti. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com – Perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia, Avrist Assurance mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 48% pada kanal bancassurance melalui penjualan produk berbasis syariah.

Chief of Partnership Distribution Officer Avrist Assurance, Vinia Lestianti mengatakan, APE produk bancassurance syariah mengalami kenaikan signifikan, di mana pada 2019 tercatat APE sebesar Rp 12,35 miluar, lalu kemudian naik menjadi Rp 18,28 miliar per November 2020.

Menurut dia pertumbuhan positif pada kanal bancassurance ditopang produk unggulan berbasis syariah yaitu Syariah Investa Optima yang didistribusikan melalui Unit Usaha Syariah Bank OCBC, serta produk Hijrah Ahsan Proteksi dan Hijrah Safa Proteksi yang dipasarkan melalui Bank Muamalat Indonesia.

"Avrist Assurance melihat bahwa potensi untuk menggarap pasar syariah melalui kanal bancassurance sangat besar. Memang, angka inklusi keuangan untuk produk syariah di Indonesia masih terbilang rendah, yakni hanya 9% saja per 2019," ujar Vina.

"Namun, kami optimis kanal bancassurance bisa menjadi peluang untuk terus menggarap pasar syariah dengan menyediakan produk-produk yang sesuai kebutuhan masyarakat, agar penetrasi produk syariah dapat meningkat signifikan," tambahnya.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), kanal bancassurance sumbang 42,7% dari total premi industri, yakni Rp 84,08 triliun pada 2019. Jumlah tersebut meningkat 5,4% dari realisasi 2018 yang berada di angka Rp 79,77 triliun.

Pertumbuhan asuransi berbasis syariah pun menunjukan tren yang positif. Industri asuransi syariah Indonesia mencatat kenaikan total aset sebesar 8,33% dari Rp 41,91 triliun menjadi Rp 45,45 triliun.

Vina mengatakan, di 2022, Avrist Assurance akan melakukan serangkaian strategi untuk meningkatkan penetrasi produk syariah melalui kanal bancassurance, mulai dari mengadaptasi pemasaran digital melalui aplikasi online, hingga menjaring rekanan kemitraan dengan bank ternama lainnya.

Ke depannya, lanjut Vina, selain menyediakan produk dengan fitur Haji dan Umroh, Avrist Assurance juga akan memasarkan produk bancassurance syariah dengan manfaat persiapan dana pendidikan dan dana pensiun.

"Kami sangat optimis ke depannya dapat menjadi pemain utama dalam memasarkan produk asuransi berbasis syariah," ujar Vina.

Vina mengatakan, Avrist Assurance manargetkan peningkatkan APE sebesar menjadi Rp 60,96 miliar, serta pertumbuhan produk syariah sebesar 200% patahun depan.

"Ini merupakan bagian dari strategi Avrist Assurance untuk memperbesar porsi produk syariah melalui kanal bancassurance," kata Vinia.

KEYWORD :

Avrist Assurance Asuransi Berbasis Syariah Vinia Lestianti Asuransi Halal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :