Selasa, 07/05/2024 14:18 WIB

Sah! Pfizer Ajukan Penggunaan Darurat Vaksin COVID-19

Pengajuan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dilakukan hanya beberapa hari setelah Pfizer dan mitra Jerman BioNTech melaporkan hasil uji coba akhir yang menunjukkan bahwa vaksin tersebut 95% efektif  mencegah COVID-19

Vaksin virus corona baru (COVID-19) buatan Pfizer. (Foto: Reuters)

New York, Jurnas.com - Pfizer mengatakan pada Jumat (20/11), pihaknya telah mengajukan permohonan kepada regulator kesehatan Amerika Serikat (AS) untuk otorisasi penggunaan darurat (EUA) dari vaksin virus corona (COVID-19).

Pengajuan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dilakukan hanya beberapa hari setelah Pfizer dan mitra Jerman BioNTech melaporkan hasil uji coba akhir yang menunjukkan bahwa vaksin tersebut 95% efektif mencegah COVID-19 tanpa masalah keamanan yang besar.

Saham Pfizer naik 2% dan BioNTech naik 5% di tengah berita bahwa vaksin akan segera tersedia, meningkatkan harapan akan berakhirnya pandemi yang telah merenggut lebih dari seperempat juta nyawa di AS dan lebih dari 1,3 juta di seluruh dunia.

Perusahaan mengharapkan FDA untuk memberikan EUA pada pertengahan Desember dan mengatakan mereka segera mulai mengirimkan dosis. Pfizer memperkirakan akan menyiapkan 50 juta dosis vaksin tahun ini, cukup untuk melindungi 25 juta orang.

Sebuah komite penasihat FDA secara tentatif berencana untuk bertemu pada 8-10 Desember untuk membahas vaksin tersebut, sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada Reuters, meskipun tanggalnya bisa berubah.

Data uji coba terakhir menunjukkan vaksin memberikan tingkat perlindungan yang sama di berbagai usia dan etnis - hasil yang menggembirakan karena penyakit tersebut secara tidak proporsional menyakiti orang tua dan minoritas.

KEYWORD :

Vaksin Pfizer Amerika Serikat Otorisasi Penggunaan Darurat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :