Senin, 29/04/2024 03:54 WIB

Mobil

Mengenal Cikal Bakal Mobil Daihatsu di Indonesia

Bagi Anda warga Jakarta yang kerap melintasi kawasan Bendungan Hilir (Benhil), pasti sudah tidak asing lagi dengan kendaraan roda tiga yang bernama Bemo

Bemo Museum Angkut Malang / Rafa

Jakarta – Bagi Anda warga Jakarta yang kerap melintasi kawasan Bendungan Hilir (Benhil), pasti sudah tidak asing lagi dengan kendaraan roda tiga yang bernama Bemo.

Namun siapa sangka kendaraan yang dahulu pernah mengalami masa kejayaan ini ternyata merupakan cikal bakal dari kendaraan Daihatsu. Midget, demikianlah sebutan kendaraan roda tiga ini di negara asalnya di Jepang.

Kendaraan mini unik ini pertama kali mengaspal pada 1957, seiring dengan Daihatsu mulai menjejakkan kakinya di pasar otomotif Tanah Air. Hingga kini Bemo masih hilir mudik di kawasan Benhil. Bahkan, saking melegendanya kendaraan ini pun mejeng di Museum Angkut yang ada di kota Malang, Jawa Timur.

Hadirnya mobil Daihatsu di Indonesia sampai saat ini terus menunjukkan peningkatan, di mana salah satunya berkat penjualan Midget di era 1960-an.

Selang sepuluh tahun kemudian, Daihatsu mendirikan perusahaan resminya di bawah naungan PT Astra International (AI), dan akhirnya mendirikan pabrik pertama, Sunter Press Plan pada 1978 di bawah manajemen Astra Daihatsu Motor (ADM)

Berdasarkan data penjualan Gaikindo dari tahun ke tahun, penjualan Daihatsu masih menjadi nomor dua terbesar di Indonesia setelah Toyota. ADM boleh dibilang menjadi produsen kendaraan yang paling banyak memproduksi mobil di Indonesia.

Beberapa model kendaraan yang diproduksi ADM mungkin sudah tak asing lagi di masyarakat, seperti Avanza-Xenia, Ayla-Agya, Gran Max, Luxio, Rush-Terios dan Sigra-Cayla. [rafa]

 

 

KEYWORD :

Daihatsu ADM Daihatsu Astra Motor Bemo Midget




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :