Jum'at, 26/04/2024 20:41 WIB

Merdeka.com Klarifikasi Tudingan Bikin Infografis UU Cipta Kerja Hoaks

Ada beberapa poin dalam pesan berantai itu yang dituding tidak sesuai fakta.

Iustrasi hoaks. Foto: ayocirebon

JAKARTA, Jurnas.com  – Pemimpin Redaksi merdeka.com Ramadhian Fadillah menepis tudingan yang menyebut medianya membuat dan menyebarkan inforgrafis UU Cipta Kerja hoaks. Tudingan hoaks itu beredar melalui grup-grup media sosial seperti Whatsapp (WA), hari ini, Selasa (6/10/2020).

Ada beberapa poin dalam pesan berantai itu yang dituding tidak sesuai fakta. Pesan itu merujuk pada infografis yang pernah dibuat merdeka.com soal tuntutan buruh terkait undang-undang tersebut.

Dengan ini redaksi merdeka.com menegaskan bahwa infografis tersebut dimuat pada tanggal 18 Februari 2020. Bukan setelah Undang-undang Cipta Kerja diketok oleh DPR pada Senin 5 Oktober 2020,” kata Pemimpin Redaksi Merdeka.com Ramadhian Fadillah.

Artinya, lanjut Ramadhian, infografis itu hampir delapan bulan lalu. Saat itu para buruh memang akan menggelar aksi menolak RUU Cipta Kerja di kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

Infografis tersebut memuat soal poin-poin RUU Cipta Kerja yang diuraikan oleh KSPI pada Februari lalu itu. Materi yang sama  juga dimuat di hampir semua media nasional saat itu.  Jadi infografis itu jelas bukan hasil UU Cipta Kerja yang disahkan DPR Senin, 5 Oktober 2020.

Dari rentang Februari hingga disahkan kemarin, tentu ada beberapa perkembangan dan perubahan yang terjadi, yang selalu diberitakan media massa termasuk merdeka.com.

“Kami menegaskan tidak pernah menyebarkan hoaks sebagaimana dituduhkan. Tentang berita lama yang disebarkan kembali dan dibubuhi tambahan di sana sini, redaksi tidak ada sangkut-pautnya,” kata Ramadhian.

Menurutnya, pembaca dan publik secara umum, bisa menyimak rangkaian pemberitaan atas undang-undang tersebut di merdeka.com.

“Dan menilai bagaimana merdeka.com menjaga independensi sesuai amanat  Undang-undang Pers No.40 tahun 1999,” tutup Ramadhian.

KEYWORD :

hoaks UU Ciptakerja infografis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :