Kamis, 02/05/2024 14:51 WIB

Pilkada DKI Jakarta

Ahok Semakin Merosot, Ini Penyebabnya

Jelang pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta 2017, popularitas pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat semakin merosot

Gubernur DKI Jakarta Ahok

Jakarta - Jelang pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta 2017, popularitas pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat semakin merosot. Apa faktor yang membuat popularitas Ahok-Djarot kian merosot?

Menurut tim peneliti LSI Adjie Alfaraby, ada beberapa faktor yang membuat popularitas Ahok-Djarot terus merosot. Menurutnya, ada empat alasan mengapa Ahok menjadi Common Enemy.

"Data ini diperoleh melalui riset kualitatif. Pertama, akibat isu kebijakan publik (penggusuran dan reklamasi) yang tak disukai‎," kata Adjie, di Kantor LSI, Jakarta, Selasa (4/10).

Kedua, kata Adjie, menyangkut karakter Ahok yang kasar dan arogan. Sikap mantan Bupati Belitung Timur itu dianggap bukan tipe pemimpin yang layak memimpin Jakarta.

"Belum lagi sikapnya yang dinilai tidak konsisten, suatu ketika mencerca partai politik dan hanya ingin maju lewat jalur independen. Namun selanjutnya ia berjuang mencari dukungan partai politik," terangnya.

Kemudian, alasan ketiga dari hasil riset LSI  sekitar 40 persen pemilih yang beragama muslim di DKI tidak bersedia dipimpin oleh Ahok yang beragama non muslim.

Lebih lanjut Adjie menjelaskan, alasan terakhir lantaran adanya kompetitor baru atau pasangan bakal calon baru yang bisa dipilih warga Jakarta. Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni menjadi alternatif pemilih yang pro atau pun kontra Ahok.

"Hadirnya kompetitor yang fresh, Agus Harimurti dan Anies Baswedan dua figur ini belum dibicarakan dua bulan lalu. Kehadiran mereka kini bisa mengambil banyak pemilih yang dulu pro Ahok," jelasnya.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melakukan survei terhadap 440 responden terkait Pilkada DKI 2017. Survei itu digelar sejak 28 September-2 Oktober 2016 menggunakan metode multi-stage random sampling.

KEYWORD :

Pilkada DKI Jakarta Pilgub DKI Jakarta PDIP Golkar Ahok-Djarot




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :