Selasa, 14/05/2024 13:46 WIB

Kementan Klaim Penyaluran Pupuk Subsidi Capai 40,78 Persen

Daerah dengan realisasi penyaluran pupuk subsidi terbesar, yakni Jawa Timur sebanyak 674.345 ton, Jawa Tengah sebanyak 546.034 ton, dan Jawa Barat 402.597 ton.

Pupuk subsidi (Foto: CNBC)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian (Kementan), Muhammad Hatta mengatakan, penyaluran pupuk subsidi mencapai 40,78% dari total alokasi yang ditetapkan pemerintah sebesar 7,9 juta ton pada 2020.

"Kementan terus menjamin penyaluran pupuk bersubsidi terutama memenuhi kebutuhan petani di musim tanam kedua 2020 ini," ujar Hatta saat mendampingi Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo sidak gudang pupuk milik PT. Pupuk Kaltim di Bitung, Sulawesi Utara, Minggu (30/8).

Ia mengatakan, daerah dengan realisasi penyaluran pupuk subsidi terbesar, yakni Jawa Timur sebanyak 674.345 ton, Jawa Tengah sebanyak 546.034 ton, dan Jawa Barat 402.597 ton. Penyaluran pupuk di Sulawesi Utara sendiri dipastikan tidak ada kendala.

"Ketersediaan pupuk bersubsidi sampai dengan saat ini masih aman, dan distribusinya pun aman karena menyangkut masalah ketahanan pangan," kata Hatta.

Pada sidak tersebut, Syahrul mengatakan, Kementan akan terus berkomitmen menjamin ketersediaan pupuk subsidi bagi petani guna menyukseskan upaya peningkatan produksi dan kesejahteraan petani.

"Stok pupuk subsidi dalam musim tanam saat ini hingga ke depan cukup. Distibusi pupuk subsidi ke semua daerah khususnya Sulawesi Utara kita pantau dan jamin sampai ke petani," tegas Syahrul.

Syahrul juga meminta produsen pupuk yakni PT. Pupuk Kaltim untuk mendistribusikan stok pupuk yang masih tersedia di dalam gudang ke petani wilayah sekitar Provinsi Sulawesi Utara.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 10 Tahun 2020, pupuk bersubsidi diperuntukkan bagi petani yang bergabung dalam kelompok tani yang menyusun e-RDKK.

"Distribusi penyaluran pupuk bersubsidi harus didukung data akurat berbasis Nomor Induk Kependudukan. Konsentrasi kita bersama pemerintah daerah adalah mendorong terus petani agar ketersediaan pangan terjamin baik di musim tanam I dan sekarang masuk musim tanam II dan musim kemarau pun kita pastikan pupuk aman," terangnya.

KEYWORD :

Muhammad Hatta Pupuk Subsidi Musim Tanam Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :