Senin, 29/04/2024 02:37 WIB

Ini Bukti PDIP Usung Risma di Pilkada DKI

Sinyal kuat PDIP bakal mengusung Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Pilkada DKI mulai terlihat. Bagaimana gambarannya?

Pilkada DKI, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini

Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) belum memutuskan calon gubernur (Cagub) DKI Jakarta pada Pilkada 2017. Namun, sinyal kuat PDIP bakal mengusung Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Pilkada DKI mulai terlihat. Bagaimana gambarannya?

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristianto mengatakan, setiap calon kepala daerah yang diusung PDIP harus mengikuti proses tahapan partai, yakni melalui sekolah calon kepala daerah dari PDIP.

"Sekolah calon kepala daerah sudah dilaksanakan, semuanya mengikuti tahapan-tahapan kepartaian, dengan dipersiapkan untuk menjadi pemimpin dan tinggal melakukan pendaftaran secara serentak, pada tanggal 21 atau 22 September," jelas Hasto.

Diketahui, Risma sapaan akrab Tri Rismaharini yang santer disebut-sebut maju di Pilkada DKI telah mengikuti proses tahapan calon kepala daerah tersebut. Risma bersama kepala daerah dari kader PDIP mengikuti sekolah calon kepala daerah, di Depok, Jawa Barat, Selasa (6/9).

Sinyal kuat PDIP akan mengusung Risma juga datang dari Wasekjen PDIP Ahmad Basarah. Menurutnya, sinyal itu terlihat ketika Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersedia mendengarkan penjelasan Risma saat mengisi acara sekolah partai.

Hal itu tidak biasanya dilakukan Megawati. Dimana, biasanya Megawati selalu meninggalkan ruangan setelah memberikan sambutan atau pidato pembukaan untuk dilanjutkan sesi berikutnya.

"Ada sesi menarik saat Ibu Risma hadir, beliau berkenan untuk mendengarkan paparannya Ibu Risma. Beliau sangat antusias dan ini hal baru," kata Basarah.

Megawati, kata Basarah, mengapresiasi pemaparan Risma saat menjadi pembicara. Hal itu menjadi sinyal kuat Megawati sebagai pemegang hak prerogatif untuk mendukung Risma ke Pilkada DKI.

"Beliau sangat puas (dengan paparan Risma), saya tidak tau apakah itu semacam fit and proper testnya Bu Mega (untuk Pilgub DKI), who knows?," katanya.

Bahkan, Ketua DPP PDIP bidang Keanggotaan dan Organisasi, Djarot Saiful Hidayat sudah memastikan bahwa partainya akan mengusung kader sendiri di Pilkada DKI.

Djarot mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah melalui serangkaian proses dan dinamikan yang terjadi di internal partai.

"Kita pastikan bahwa PDIP akan mengusung calon sendiri," kata Djarot di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa (13/9).

KEYWORD :

Pilkada DKI Pilgub DKI PDIP Megawati Soekarnoputri Pilkada 2017 Tri Rismaharini




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :