Minggu, 28/04/2024 02:30 WIB

HPN 2017 Akan Usung Kedaulatan Maritim

Rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2017 mulai digulirkan yang akan dimulai pada 22 September mendatang.

Jakarta - Rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2017 mulai digulirkan. Rangkaian peringatan itu akan dimulai pada 22 September mendatang dengan menggelar acara Peran Pers dan Revitalisasi Kekuatan Maritim.

“HPN akan menjadi momentum penting untuk membangkitkan kembali kejayaan Maluku yang berbasis pada potensi kekayaan maritim dan sumber daya alam,” ujar Muhammad Ihsan, Ketua Panitia HPN 2017 di Jakarta, Selasa (13/9) siang.

Menurut Ihsan, berbagai strategi akan dibahas untuk mempromosikan dan mendorong pembangunan sektor perikanan nasional.

"Khususnya di Maluku yang telah ditetapkan pemerintahan sebagai Lumbung Ikan Nasional," jelas Ihsan.

Rencananya, Menko Maritim dan Sumber Daya Luhut B Panjaitan dijadwalkan hadir sebagai pembicara kunci. Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, juga akan dihadirkan sebagai pembicara.

Sejumlah direktur utama BUMN yang terkait dengan pembangunan sektor kelautan, serta Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad, dijadwalkan ikut mengisi kegiatan untuk mempertajam aksesibilitas pembangunan infrastruktur.

Pemerintah, dalam hal ini bertekad mendongkrak pembangunan infrastruktur di Maluku yang memiliki 25 blok migas. Salah satunya adalah membangun koneksi rute penerbangan dari Saumlaki di Maluku Barat Tenggara ke Darwin di Australia.

“Upaya-upaya pemerintah ini tentu perlu mendapat apresiasi dan perhatian serius dari masyarakat pers nasional,” ujar Ihsan.

Sebelumnya, peluncuran HPN 2017 di tingkat nasional dilakukan pada tanggal 23 Juli lalu di Stasiun TVRI, Jakarta. Peluncuran dihadiri Gubernur Maluku Said Assegaf dan Penanggung Jawab HPN Margiono, serta tokoh pers nasional dan tokoh masyarakat Maluku.

Sementara peluncuran HPN 2017 di tingkat daerah dilakukan bersamaan dengan Pesta Teluk Ambon ke-11 di lapangan Polda Maluku, di Tantui, Ambon, Kamis pekan lalu (8/9/2016). Dalam kesempatan itu Gubernur Maluku, Ketua Dewan Penasehat PWI Tarman Azzam (alm), dan Ketua Panitia Pelaksana HPN 2017 Muhamad Ihsan melepas merpati ke angkasa.[]

KEYWORD :

jurnas.com pers hpn maritim kedaulatan maritim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :