Sabtu, 20/04/2024 01:50 WIB

Setelah Dicopot dari Menteri ESDM, Ini Status Baru Archandra

Kemenkumham memastikan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar berstatus warga negara Indonesia (WNI).

Mantan Menteri ESDM Archandra Tahar

Jakarta - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memastikan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar berstatus warga negara Indonesia (WNI).

Hal itu disampaikan Menkumham Yasonna H Laoly dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/9).

Menurut Yasonna, Archandra sudah kehilangan kewarganegaraan Amerika Serikat berdasarkan Certificate of Loss of the United States tanggal 12 Agustus 2016 dan disahkan oleh Department State of the Unites States of Amerika dan surat US Embassy tanggal 31 Agustus 2016.

"Setelah dilakukan pemeriksaan dan klarifikasi, saudara Arcandra Tahar tetap menjadi WNI sesuai dengan prinsip perlindungan maksimum dan non apatride stateless," kata Yasonna.

Akibatnya, Kemenkumham tak jadi mencabut status Arcandra sebagai WNI. "Pada saat kami mau cabut, kami temukan fakta lain kalau dia sudah dicabut kewarganegaraan Amerikanya," kata Yasonna.

Sebelumnya, Arcandra diketahui memiliki kewarganegaraan Amerika karena mendapat paspor pada 2012. Karena Indonesia tidak mengenal status dwi kewarganegaraan, maka status Arcandra sebagai WNI pun dianggap hilang. Hal itu membuat Presiden Jokowi mencopot Arcandra sebagai Menteri ESDM pada 15 Agustus 2016.

KEYWORD :

Menteri ESDM Archandra Tahar Kewarganegaraan WNI Menkumham




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :