Senin, 29/04/2024 20:40 WIB

Jokowi Minta Masyarakat Natuna Berbesar Hati

WNI yang dievakuasi dari pusat penyebaran virus corona tersebut, datang ke Natuna dalam keadaan sehat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jakarta, Jurnas.com -- Penolakan masyarakat Natuna terhadap kedatangan WNI dari Kota Wuhan, Hubei, China mendapat respons dari Presiden Joko Widodo. Presiden meminta mereka berbesar hati karena WNI yang dievakuasi dari pusat penyebaran virus corona tersebut, datang ke Natuna dalam keadaan sehat.

"Kita memerlukan kebesaran hati seluruh masyarakat Indonesia. Apapun itu adalah saudara-saudara kita," ujar Jokowi di di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/02/2020).

Jokowi mengatakan 238 WNI yang kembali dari Wuhan ke Natuna itu dalam kondisi sehat. Namun sesuai prosedur, ratusan WNI itu tetap harus diobservasi untuk memastikan kondisinya dalam keadaan sehat dan bersih.

"Saya juga terima kasih ke masyarakat Natuna yang sudah berikan lampu hijau karena ini saudara-saudara kita sendiri. 243 itu sehat tetapi dalam protokol kesehatan diperlukan tahapan sebelum dikembalikan ke keluarga," katanya.

Jokowi menuturkan, sempat ada sejumlah opsi pulau sebelum pemerintah memutuskan menempatkan WNI dari Wuhan di Natuna. Opsi itu di antaranya Morotai hingga Biak. Hanya saja, kata dia, banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti ketersediaan fasilitas bagi para WNI tersebut.

"Memang kemarin ada beberapa alternatif, tapi untuk turun kan perlu landasan. Tidak semua pulau bisa dipakai. Kita mengukur tingkat kesiapan tim kesehatan di situ, sehinhha keputusan dr tim adalah di Natuna," ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan apresiasi atas kerja sama tim gabungan dari Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemenlu, Kemenkes, TNI/Polri, hingga BNPB dalam memulangkan ratusan WNI.

KEYWORD :

Natuna Jokowi Virus Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :