Minggu, 28/04/2024 09:43 WIB

Ini Pentingnya Kesetiakawanan Sosial Bagi Indonesia Menurut Mensos

Bangsa Indonesia masih berhadapan dengan berbagai masalah kesejahteraan sosial yang meliputi kemiskinan, keterlantaran, ketunaan, keterpencilan dan kebencanaan yang jumlahnya tidak kecil

Politisi PDI Perjuangan, Juliari Batubara

Banjarbaru, Jurnas.com - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengatakan, Kesetiakawanan Sosial adalah nilai dasar yang terwujud dalam bentuk pikiran, sikap, dan tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, toleransi, dan kesetaraan guna meningkatkan harkat, martabat, dan harga diri setiap warga negara Indonesia.

Mensos menekankan, di dalam masyarakat Indonesia tumbuh jiwa dan semangat kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan dan kerelaan berkorban tanpa pamrih.

"Ini harus terus dikembangkan, direvitalisasi, didayagunakan dalam kehidupan berbangsa,” kata Mensos acara Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019, di Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (20/12/2019).

Menurut Mensos, saat ini bangsa Indonesia masih berhadapan dengan berbagai masalah kesejahteraan sosial yang meliputi kemiskinan, keterlantaran, ketunaan, keterpencilan dan kebencanaan yang jumlahnya tidak kecil.

“Sementara pemerintah memiliki kemampuan terbatas, sehingga diperlukan peran serta masyarakat. Maka kesetiakawanan sosial masa kini adalah instrumen menuju kesejahteraan masyarakat melalui gerakan peduli dan berbagi oleh, dari dan untuk masyarakat baik sendiri-sendiri maupun secara bersamaan," jelas dia.

Menurut Mensos, hal tersebut dilakukan berdasarkan nilai kemanusiaan, kebersamaan, kegotongroyongan dan kekeluargaan yang dilakukan secara terencana, terarah dan berkelanjutan menuju terwujudnya Indonesia Sejahtera.

Di lain pihak, peringatan HKSN diharapkan dapat menjadi “alat pengungkit” untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada di masyarakat, yang dilaksanakan di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/ kota.

Dalam kesempatan ini, tak lupa Mensos menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Baik dari jajaran pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten/kota, TNI-Polri, unsur non pemerintah, dunia usaha, para relawan, dan berbagai unsur masyarakat yang lain. Hadir dari Kementerian Sosial, hampir seluruh pegawai di semua level.

Pada kesempatan tersebut pula, dilakukan penyerahan pataka HKSN dari Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, yang akan menjadi tuan rumah HKSN 2020.

Pada puncak Peringatan HSKN 2019 yang dihadiri sekitar 1000 orang tersebut, dilakukan pula penganugerahan Satya Lencana Kebhaktian Sosial oleh Presiden RI Joko Widodo kepada sejumlah pihak.

Hadir pula sejumlah kepala daerah dari berbagai penjuru tanah air. Acara dimeriahkan dengan tarian rakyat yang diperagakan secara kolosal, dan iringan Paduan Suara SMA 3 Banjarbaru.

KEYWORD :

Kesetiakawanan Sosial Kemensos Juliari P Batubara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :