Senin, 06/05/2024 01:02 WIB

AS Tuding Iran Tingkatkan Serang Siber

Amerika Serikat menyebut Iran meningkatkan serangan siber terhadap AS, di tengah ketegangan kedua negara.

Bendera kebangsaan Amerika Serikat bersanding dengan bendera kebangsaan Iran (Foto: Tehran Time)

Washington, Jurnas.com – Perusahaan keamanan dunia maya Amerika Serikat menyebut Iran meningkatkan serangan siber terhadap AS, di tengah ketegangan kedua negara.

Dikutip dari Associated Press, CrowdStrike dan FireEye yang masing-masing berbasis di AS, melacak aktivitas sejumlah peretas Iran dalam beberapa pekan terakhir.

Para peretas tersebut, menurut AS, diyakini bekerja untuk pemerintah Iran dengan menargetkan badan-badan pemerintah AS, sektor ekonomi, termasuk minyak dan gas.

“Para peretas telah mengirim gelombang email phising (pencurian data, Red),” demikian pernyataan perusahaan tersebut menurut AP.

Hingga saat ini tidak diketahui apakah peretasan tersebut berhasil masuk ke dalam akses jaringan melalui email, yang biasanya meniru email aslinya namun mengandung perangkat lunak berbahaya.

Dikatakan, serangan dunia maya tersebut menjadi babak baru dalam operasi dunia maya yang sedang berlangsung antara Washington dan Teheran

Peningkatan tajam serangan peretas akhir-akhir ini juga terjadi setelah Trump memberlakukan sanksi pada sektor petrokimia Iran pada bulan ini.

KEYWORD :

Iran Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :