Senin, 06/05/2024 11:13 WIB

5 Trik Jitu Atasi "Dompet Mewek" di Akhir Bulan

Pepatah dulu mengatakan bahwa hemat pangkal kaya. Namun kenyataannya, niat berhemat kerap kali berantakan akibat beberapa hal

Ilustrasi dompet kosong (Foto: Istockphoto)

Jakarta, Jurnas.com – Pepatah dulu mengatakan bahwa hemat pangkal kaya. Namun kenyataannya, niat berhemat kerap kali berantakan akibat beberapa hal, mulai dari gaya hidup tak terkontrol, hingga gajian telat yang memaksa kamu mencari pinjaman ke mana-mana.

Nah, untuk menghindari kondisi tersebut, berikut ini lima trik jitu berhemat di tanggal tua dilansir dari berbagai sumber:

  1. Gunakan uang seperlunya

Memiliki banyak uang di ATM bukan berarti kamu bisa sembarangan menggesek saat berbelanja. Jika tak dibatasi, uangmu di ATM juga bisa terkuras habis tanpa sadar.

Jadi, mulai sekarang ada baiknya ambil uang cash seperlunya, sebelum kamu menggunakannya untuk berbelanja.

  1. Memasak sendiri

Seiring dengan maraknya pemesanan makanan melalui jasa ojek daring (online), banyak orang memilih makanan instan ketimbang memasak sendiri. Padahal kebiasaan ini harusnya dihindari, jika gajimu pas-pasan.

Dengan memasak sendiri, kamu bisa mengontrol sendiri menu makananmu, sekaligus pengeluaranmu.

  1. Kurangi jajan

Keinginan untuk jajan sering sulit untuk dihindari. Apalagi jika kamu termasuk anak yang gemar nongkrong, uangmu akan banyak keluar untuk minum kopi, atau mencoba jajanan mahal.

Nah, jika kamu sayang dengan uangmu, sebaiknya kebiasaan jajan kamu kurangi perlahan-lahan, agar tak sengsara di akhir bulan.

  1. Simpan dana cadangan

Banyak orang mengabaikan dana darurat setelah menerima gaji di tanggal muda. Padahal dana darurat ini bakal membantu kamu saat menghadapi situasi tak terduga, seperti sakit, kecelakaan, atau kondisi apapun yang memaksamu mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

  1. Wifi gratis

Trik jitu terakhir ialah memanfaatkan wifi gratis. Sering kali kuota gadget menyedot pengeluaran bulanan. Apalagi jika kamu doyan menonton YouTube atau menggunakan layanan streaming.

Jika kebetulan di dekat rumah atau kosmu ada layanan publik yang memiliki fasilitas wifi, sebaiknya kamu manfaatkan itu agar lebih berhemat.

KEYWORD :

Trik Berhemat Akhir Bulan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :