Minggu, 12/05/2024 14:13 WIB

Madrid Geser MU dari Puncak Klub Terkaya

Real Madrid menggeser Manchester United (MU) dari puncak klub terkaya versi Deloitte`s Football Money League.

Real Madrid

Jakarta - Real Madrid menggeser Manchester United (MU) dari puncak klub terkaya versi Deloitte`s Football Money League. Kendati demikian, United masih menghuni peringkat lima besar sejauh ini.

Daftar Deloitte memberi peringkat pada klub-klub tentang berapa banyak uang yang mereka peroleh dari siaran, kesepakatan komersial, dan pendapatan hari pertandingan selama musim 2017-18.

United menghabiskan dua tahun terakhir di tempat pertama di grafik keuangan, tetapi mereka telah merosot ke urutan ketiga di belakang juara Eropa Madrid dan raksasa Spanyol Barcelona.

Bayern Munich, Manchester City, Paris Saint-Germain, Liverpool, Chelsea, Arsenal dan Tottenham masing-masing berada di posisi 10 besar.

Dan Jones, penulis laporan dan mitra dalam Kelompok Bisnis Olahraga di Deloitte, mengatakan, "Sepak bola Eropa tetap menjadi pasar yang kuat."

"Kami telah melihat rekor penghancuran Real Madrid, menjadi klub pertama yang menembus tiga perempat dari nilai satu miliar euro dan mengklaim rekor gelar Liga Uang kedua belas dalam prosesnya."

Setelah memenangkan gelar Liga Champions ketiga berturut-turut, Real menghasilkan rekor £ 674,6 juta (US$881,8 juta), memberi mereka posisi teratas Liga Uang untuk ke-12 kalinya, dan yang pertama sejak 2014-15.

Semua klub Inggris sedikit terpengaruh oleh penurunan nilai sterling terhadap euro sebesar tiga persen tahun-ke-tahun.

Jatuhnya Setan Merah juga dipengaruhi oleh tersingkirnya mereka dari Liga Champions dalam babak 16 besar musim lalu, dan pertumbuhan luar biasa dalam pendapatan komersial duo Spanyol.

Sementara pendapatan di Old Trafford hanya tumbuh dua persen, dengan jumlah £ 590 juta musim lalu, dan perkiraan terbaru menunjukkan mereka harus melonjak melewati £ 615 juta musim ini.

KEYWORD :

Real Madrid Klub Terkaya Manchester United




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :