Senin, 29/04/2024 21:40 WIB

Dicekal Puluhan Tahun, Film Totoro Akhirnya Diputar di China

Penggemar film anime Jepang klasik My Neighbor Totoro dari China bersukacita mendengar berita bahwa mahakarya yang menghangatkan hati akhirnya memiliki pemutaran resmi di bioskop-bioskop daratan,

Film animasi Jepang, My Neighbor Totoro

Jakarta - Penggemar film anime Jepang klasik My Neighbor Totoro dari China bersukacita mendengar berita bahwa mahakarya yang menghangatkan hati akhirnya memiliki pemutaran resmi di bioskop-bioskop daratan, tiga dekade setelah dirilis di seluruh dunia.

Film animasi tahun 1988 yang terkenal tentang makhluk hutan raksasa berbulu adalah salah satu ekspor budaya yang paling dikenal di Jepang. Rilis China daratan pada ulang tahun ke 30 mungkin merupakan pertanda hubungan Sino-Jepang yang memanas.

"Pemutaran film itu menandai sinyal yang baik untuk hubungan Sino-Jepang melalui animasi anak-anak non-politik," kata Sobel Chan, seorang profesor studi film Baptist University dilansir SCMP.

China mengizinkan hanya 34 film asing untuk didistribusikan di negara per tahun di bawah sistem kuota. Namun angka ini bisa meningkat dalam beberapa tahun ke depan karena semakin banyak produksi asing berebut untuk mengakses pasar film terbesar di dunia.

Meskipun berasal dari Jepang, ia memiliki basis penggemar China yang sangat besar.

Spesialis film Asia, Kevin Ma, mengatakan rilis My Neighbor Totoro tidak mengejutkan, mengingat keberhasilan rilis anime Jepang lainnya di China dalam beberapa tahun terakhir, seperti Your Name dan Doraemon the Movie.

"Film-film Studio Ghibli telah sangat populer di China meskipun mereka tidak pernah mendapatkan rilis teatrikal yang tepat," kata Ma, mengacu pada perusahaan produksi Jepang yang terkenal. " Totoro mungkin adalah salah satu film Studio Ghibli yang paling disukai di sekitar."

Film ini bercerita tentang dua saudara perempuan di pedesaan Jepang yang menemukan makhluk hutan mitos yang memberi mereka kenyamanan ketika ibu mereka berada di rumah sakit berjuang melawan penyakit serius.

Dipuji luas karena menangkap kepolosan dan kesenangan masa kanak-kanak, Totoro menduduki peringkat ke-41 dalam daftar majalah Empire dari "100 Film Terbaik Dari Bioskop Sedunia" pada tahun 2010. Para editor Time Out menempatkannya di tempat ketiga dalam daftar yang paling besar sepanjang masa. film animasi.

KEYWORD :

Film Anime Totoro Jepang China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :