Jum'at, 03/05/2024 14:41 WIB

Alasan Flu, Presiden Aljazair Tolak Bertemu Putra Mahkota Saudi

Pembatalan pertemuan itu kemungkinan sinyal bahwa Bouteflika kembali akan mencalonkan diri untuk yang kelima kalinya dalam pemilihan presiden tahun depan.

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman di Riyadh, Arab Saudi pada 24 Oktober 2018 (Foto: Giuseppe Cacace/AFP/Getty Images)

AlJazair - Presiden Aljazair, Abdelaziz Bouteflika menolak beremu putra mahkota Saudi selama kunjungannya seperti yang direncanakan karena flu akut. Demikian informasi dari kantor kepresidenan Aljazair, Senin (3/12) waktu setempat.

Muhammad bin Salman, tiba pada Minggu untuk kunjungan dua hari ke Aljazair. Meski tak sempat bertemua, ia berharap Bouteflika cepat pulih dan lekas beraktivitas seperti sedia kala, kata kanto kepresidenan dalam sebuah pernyataan yang dirilis kantor berita APS resmi.

Pembatalan pertemuan itu kemungkinan sinyal bahwa Bouteflika kembali akan mencalonkan diri untuk yang kelima kalinya dalam pemilihan presiden tahun depan.

Bouteflika, menjabat sebagai presiden sejak 1999. Ia jarang muncul di depan umum sejak menderita stroke pada 2013. Ia terakhir kali bertemu tamu asingnya saat kunjungan Kanselir Jerman Angela Merkel pada 17 September.

Partai yang berkuasa dan serikat pekerja sudah meminta Bouteflika untuk mencalonkan diri lagi, tetapi para intelektual dan oposisi mengatakan kesehatannya membuatnya tidak layak untuk menjabat lagi.

Pangeran Mohammed mengunjungi Aljazair sebagai bagian dari tur negara-negara Arab, sekembaliknya menghadiri KTT G20 di Argentina pada akhir pekan.

Putra mahkota melakukan perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, yang telah menekan hubungan Arab Saudi dengan Barat dan merusak citra pangeran di luar negeri.

KEYWORD :

Jamal Khashoggi Arab Saudi Aljazair Abdelaziz Bouteflika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :