Kamis, 02/05/2024 13:09 WIB

Agar Tak Simpang Siur, Ini Mitos dan Fakta Vagina

Masih banyaknya simpang siur atau mitos terkait dengan organ kewanitaan yang meresahkan, seperti berikut ini. 

Ahli Kebidanan dan Kandungan dr Ni Komang Yeni Dhanasari, SpOG (Foto: Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Apakah Anda pernah mendengar ungkapan jika sering olahraga organ kewanitaan atau vagina jadi robek? Atau pernah mendengar kalau malam pertama tidak berdarah artinya sudah tidak gadis lagi?

Bicara organ kelamin wanita, memang banyak anggapan yang simpang siur kebenarannya. Sayangnya masih banyak orang yang percaya begitu saja, hingga kadang merugikan perempuan.

1. Mitos kalau selaput dara bisa robek kalau berolahraga.

Ahli Kebidanan dan Kandungan dr. Ni Komang Yeni Dhanasari, SpOG mengatakan sebenarnya posisi selaput dara pada vagina itu tidak di luar tapi sangat tersembunyi. Jika tidak dengan sengaja atau sesuatu yang sangat menyentuh dengan lubang vagina yang menghentak, selaput dara tidak robek.

Ia mencontohkan banyak perempuan takut olahraga ekstrem karena akan merobek selaput dara. Jadi untuk olahraga berkuda, berenang, lari dan lainnya aman untuk perempuan.

"Kecuali kalau insiden seperti pernah pasien saya atlet taekwondo yang tidak sengaja kena tendang di organ kewanitaannya lalu berdarah setelah diperiksa lebih lanjut ternyata memang robek," ucap dr Yeni.

Jadi tidak perlu takut melakukan aktivitas olahraga. Silakan saja. Karena kalau tidak ada insiden khusus nahian intimnya ketenangan, maka selaput dara tidak akan sobek.

2. Organ kewanitaan dengan bentuk ideal

Secara anatomis menurut dr Yeni memang ada ya istilah Barbie vagina atau perfect, cirinya tertutup sempurna, labia tidak terlihat, labiya mayora tidak terlalu plumpy. "Tapi sangat jarang yang perempuan memiliki tipe seperti itu ya, karena soal ideal atau tidak balik ke kriteria masing-masing. Jadi tak perlu diubah-ubah untuk jadi rapat," seloroh dr Yeni.

 3. Kalau tidak ada pendarahan saat malam pertama ada kelainan

Bukan karena soal kelainan ya, tapi perempuan itu dianugerahi hymen yang tebal jadi dalam kondisi malam pertama tidak berdarah. Kalau hymen cukup tebal, beberapa pasien bahkan sampai melahirkan pun tidak sobek. Jadi tetap gadis walaupun sudah melahirkan tiga kali.

"Nah kalau hymen yang berdarah berarti yang lapisannya kecil dan tipis jadi bisa berdarah," ungkapnya. Darah hymen yang tidak keluar juga tidak berbahaya

KEYWORD :

Mitos Vagina Selaput Dara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :