Kamis, 02/05/2024 14:38 WIB

Karena Berbahasa Arab, Pejabat AS "Ogah" Dengar Rekaman Tewasnya Khashoggi

Bolton membuat komentar kepada wartawan di Gedung Putih setelah terus menerus ditanyakan oleh seorang wartawan mengapa dia tidak mendengarkan rekaman itu.

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Washington  - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat,  John Bolton mengatakan bahwa dirinya tidak perlu  mendengarkan rekaman audio pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi karena dia tidak mengerti bahasa Arab.

Bolton membuat komentar kepada wartawan di Gedung Putih setelah terus menerus ditanyakan oleh seorang wartawan mengapa dia tidak mendengarkan rekaman itu.

"Saya hanya berusaha menjelaskan pada setiap orang yang bertanya, `Mengapa kau tidak mendengarkan rekaman itu?` ... kecuali kau berbicara bahasa Arab, apa yang akan kau dapatkan?" dia berkata dilansir Anadolu.

Presiden AS Donald Trump juga tidak mendengarkan rekaman itu, dan mengatakan dia telah mendapat penjelasan lengkap tentang hal itu dan tidak ada alasan untuk mendengarnya.

Trump telah mendapat kecaman setelah menepis laporan CIA yang meyakini bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman memerintahkan pembunuhan Khashoggi.  Trump saat itu mengatakan "mungkin dia melakukannya, mungkin dia tidak!"

Khashoggi, seorang wartawan dan kolumnis Saudi untuk The Washington Post, hilang setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Setelah awalnya menolak, pemerintah Saudi mengakui beberapa minggu kemudian bahwa dia terbunuh di sana.

AS memberlakukan sanksi terhadap 17 pejabat Saudi yang diduga terlibat dalam pembunuhan Khashoggi, tetapi Trump mencatat bahwa AS bermaksud untuk tetap menjadi sekutu dekat Kerajaan.

"Amerika Serikat bermaksud untuk tetap menjadi mitra setia Arab Saudi untuk memastikan kepentingan negara kami, Israel dan semua mitra lainnya di kawasan itu," katanya dalam sebuah pernyataan.

KEYWORD :

Sanksi Amerika Serikat Jamal Khashoggi Arab Saudi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :