Jum'at, 10/05/2024 11:46 WIB

Tempat Pembuangan Jasad Khashoggi Masih Jadi Misteri

Jaksa kepala Istanbul mengatakan bahwa salah satu tersangka yang terlibat dalam pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi telah membahas

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Jakarta - Jaksa kepala Istanbul mengatakan bahwa salah satu tersangka yang terlibat dalam pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi telah membahas "pembuangan tubuh" dengan seorang warga negara Saudi di provinsi Yalova di barat laut Turki.

"Ditemukan bahwa salah satu tersangka yang terlibat dalam pembunuhan Khashoggi menghubungi seorang warga Arab Saudi yang tinggal di Yalova, sehari sebelum insiden itu," kata jaksa itu dalam sebuah pernyataan tertulis dilansir China.

"Diperkirakan bahwa pembicaraan ini dilakukan untuk membahas pembuangan atau penyembunyian jasad Jamal Khashoggi setelah pemotongannya," tambah pernyataan tersebut.

Kantor kejaksaan mengidentifikasi tersangka sebagai Mansour Othman M. Abbahussain, anggota regu pengaman Saudi yang dikirim ke Istanbul untuk membunuh Khashoggi, dan warga negara Saudi yang dibicarakannya bernama Mohammed Ahmed Alfaozan.

Sebelumnya pada hari itu, polisi Turki meluncurkan pencarian komprehensif ke dua vila yang bersebelahan di Yalova sebagai bagian dari penyelidikan yang sedang berlangsung. Namun mereka tak menemukan jasad kolumnis Washington Post tersebut. Jasad Khashoggi pun kini masih menjadi misteri yang belum terungkap.

Menurut jaksa kepala Istanbul, Khashoggi dicekik sampai mati setelah ia memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober dan tubuhnya dipotong-potong dan dihancurkan setelahnya.

Jaksa penuntut umum Saudi telah menuntut hukuman mati terhadap lima tersangka yang terlibat dalam pembunuhan Khashoggi.

KEYWORD :

Jamal Khashoggi Arab Saudi Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :