Senin, 29/04/2024 07:54 WIB

Pilihan Terapi untuk Gangguan Penglihatan Mata

Terapi menjadi penting agar pasien dengan gangguan penglihatan mata menapat perawatan sesuai kebutuhannya.

LASIK merupakan salah satu teknologi bedah refraktif di bidang mata (Foto: Doc. Pribadi)

Jakarta - Gangguan refraksi merupakan salah satu gangguan penglihatan yaitu gangguan pembiasan cahaya, yaitu pembiasan yang tidak dapat difokuskan pada retina meskipun media pembiasannya jernih.

Adapun pilihan terapi untuk kelainan refraksi, yaitu Kacamata, Kontak lensa dan Bedah refraktif, termasuk di dalamnya LASIK, TRANS-PRK, PRK, Clear lens extraction.

LASIK adalah laser assisted keratomileusis yang menggabungkan metode pembuatan flap (lapisan tipis) pada kornea dan laser untuk mengubah kelengkungan kornea, sehingga kelainan refraksi dapat terkoreksi.

TRANS-PRK adalah suatu inovasi metode mutakhir dalam bedah laser dimana tidak ada sentuhan ke kornea oleh alat
apapun selain laser.

Sedangkan PRK atau photorefractive keratectomy adalah metode dengan cara menyingkirkan sel epithelium atau lapisan bening yang berada di permukaan mata dan memperbaik ijaringan kornea dengan laser, Clear lens extraction atau CLE adalah metode pengeluaran lensa crystalline yang masih jernih.

Menurut penjelasan dr. Sophia Pujiastuti, SpM(K) LASIK merupakan teknologi bedah refraktif dikatakan dapat meningkatkan kualitas hidup karena setelah melakukan tindakan LASIK pasien tidak lagi tergantung pada alat bantu (kacamata dan lensa kontak), dimana hal itu memberikan semangat baru.

"Dengan LASIK, orang dapat melihat jelas tanpa alat bantu tanpa gangguan refraksi yang merupakan salah satug angguan penglihatan tersering yang dialami oleh penduduk dunia," ungkapnya dalam acara talkshow LASIK di Jakarta, Senin (30/4).

Dengan begitu banyaknya manfaat LASIK, sayangnya sampai saat ini masih terdapat beberapa hambatan dalam melakukan tindakan LASIK, salah satunya adalah biaya yang mahal.

SILC Lasik Center memberikan solusi dengan metode pembayaran yang meringankan agar masyarakat yang mengalami gangguan refraksi bisa menjalani LASIK dengan harga terjangkau sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.


KEYWORD :

LASIK gangguan penglihatan mata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :