Sabtu, 27/04/2024 00:56 WIB

Jangan Salah, Jantung juga Bisa Menyerang Usia Produktif Lho

Siapa bilang penyakit jantung hanya menyerang kelompok lanjut usia? Kaum muda juga mesti peduli dengan risikonya.

(Foto: Ilustrasi)

Jakarta - Sebagai kaum muda, Anda sudah mesti sadar dan peduli dengan penyakit jantung. Sebab serangan jantung bisa menimpa siapa saja, pada usia berapapun.

Menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga ringan secara rutin setiap hari akan menjadi kebiasaan dan investasi oada kehidupan yang lebih baik san berkualitas. Apalagi, tingginya tingkat kecanduan kaum muda pada smartphone dan gaya hidup praktis.

Risiko penyakit jantung di usia 20-an, seperti yant dilansir dari situs American Heart Association semestinya mampu diredam dengan menyempatkan diri bergerak sebanyak total 150 menit setiap pekan.

Richard Stein, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran di New York University School of Medicine mengatakan di usia 20+an aktivitas naik turun tangga, jalan cepat, jogging, berenang, atau bersepeda mampu memacu metabolisme tubuh secara keseluruhan.

Memulainya pun tidak terlalu sulit, Richard menyarankan untuk menentukan target per pekan sesuai kemampuan. Mulailah dengan 10 menit per hari dulu selama seminggu lewat kegiatan yang mudah seperti jalan pagi, sembari perlahan meningkatkan target.

"Aktivitas ini menyenangkan, mudah, dan gratis. Mulailah aktif secara fisik. Jika terbiasa sejak muda, maka dengan sendirinya nanti Anda bisa mempertahankan hingga usia senja," ungkap Richard.

Selain itu, mengatur pola konsumsi makanan sehari-hari juga cukup membantu. Pilih makanan rendah lemak jenuh yang bisa ditemukan dalam daging putih (ayam), produk susu, serta natrium. Asupan buah, sayuran, bebijian kaya serat, ikan dan kadang-kacangan juga jangan lupa.

KEYWORD :

jantung usia muda kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :